"Untuk angkutan KA menghadapi Lebaran tahun ini, baik dari aspek sarana, prasarana, dan sumber daya manusia semuanya siap," katanya saat melakukan inspeksi kesiapan jelang Lebaran 1433 H di Stasiun Tawang Semarang, Rabu.

Berdasarkan hasil koordinasi Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub, dan PT Kereta Api Indonesia (KAI), kata dia, setidaknya ada sebanyak 291 KA yang disiapkan untuk mengangkut penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran 1433 H.

Ia menyebutkan bahwa sebelumnya sudah ada sebanyak 259 KA reguler yang dioperasikan, dan untuk menghadapi lonjakan penumpang Lebaran telah ditambahkan sebanyak 32 KA, terdiri atas 18 KA komersial dan 14 KA ekonomi.

Dari aspek sarana, kata dia, optimalisasi angkutan KA menghadapi lonjakan penumpang arus mudik dan balik Lebaran 1433 H dengan menambah sebanyak 32 KA diperkirakan bisa mengangkut penumpang sebanyak 2,21 juta orang.

"Dengan tambahan 32 KA itu, berarti akan ada 291 KA yang dioperasikan mengangkut penumpang Lebaran sehingga bisa mengangkut 2,21 juta orang. Lebih besar 16 persen dibandingkan realisasi Lebaran tahun lalu," katanya.

Berkaitan dengan aspek prasarana, Tunjung mengatakan sudah dilakukan berbagai langkah pengawasan dan inspeksi seperti yang dilakukan hari ini (8/8) sehingga dipastikan bahwa angkutan KA siap melayani penumpang Lebaran 1433 H.


Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024