Sekarang Lippi, yang merupakan salah satu manajer tersukses di dunia, menghadapi salah satu ujian tersulitnya di Liga China, bersama dengan klub barunya, Guangzhou Evergrande.

Lippi (64), yang penugasan terakhirnya adalah memimpin juara bertahan Italia di Piala Dunia 2010, memulai kehidupan barunya dengan kemenangan tipis 1-0 di kandang sendiri atas klub papan bawah, Qingdao Joonon pada hari Minggu lalu.

Sekitar 40.000 penonton berbondong-bondong mendatangi Stadion Tianhe yang merupakan kandang Guangzhou untuk melihat Lippi, pelatih paling terkenal yang bergabung di tim China, dengan banyak penonton mengenakan kostum Juventus, bekas timnya, dan salah satu spanduk berbunyi 'Hidup Li Pi.'
Pada pendukung menyanyikan nama Lippi sebagai sambutan untuk pria yang memenangi Piala Dunia 2006 bersama Italia - dan sekarang diharapkan akan membawa gelar Asia bagi Guangzhou yang sangat berambisi.
"Saya tidak tertarik dengan skor, tidak masalah apakah itu tiga atau empat kosong, tugasku adalah membawa klub ini ke level yang lebih tinggi," kata Lippi setelah pertandingan itu, yang dimenangi lewat gol pemain internasional China, Gao Lin, menurut Sina Sports.

Dengan sang juara bertahan sudah berada di puncak klasemen Liga China, tugas Lippi mulai menemukan tantangan berat pertamanya pada Rabu depan, ketika ia akan berusaha memimpin Guangzhou melewati FC Tokyo, dan menuju perempat final Liga Champions AFC.

Itu adalah tugas berat: satu pertandingan penentuan, hanya dua pekan setelah dirinya mendapat pekerjaan tersebut, dengan sekelompok pemain yang belum dikenalnya. Dan di China, pelatih-pelatih lain telah belajar, bahwa harga kegagalan bisa menjadi sangat tinggi.
Bulan lalu, Jean Tigana, yang merupakan salah satu pelatih dengan nama besar di Liga China, meninggalkan Shanghai Shenhua setelah memimpin klub tersebut untuk beberapa pertandingan, dan digantikan oleh tim pelatih sementara, termasuk penyerang asal Prancis, Nicolas Anelka.
Guangzhou tidak memperlihatkan emosi dengan pendahulu Lippi, Lee Jang-Soo, yang membawa tim tersebut promosi dan kemudian menjuarai Liga China setahun kemudian, dan kemudian dipecat saat klub memimpin liga dan lolos ke fase gugur Liga Champions AFC.

Lee telah bertengkar dengan pemain bintang, Dario Conca, yang mendapat hukuman larangan tampil pada sembilan pertandingan karena mempublikasikan kritiknya kepada sang pelatih - hukuman yang ditangguhkan saat ia bermain pada pertandingan Liga Champions AFC pekan lalu, dan kembali ditangguhkan pada Minggu.
Lippi memiliki pengalaman dengan pemain-pemain arogan di Juventus, di mana ia memenangi lima gelar juara Liga Italia dan satu gelar Liga Champions, dan hal itu diharapkan para petinggi klub agar dapat diterapkannya di Guangzhou.

Namun terdapat kisah suram di China saat pelatih asal Australia, Lawrie McKinna, yang meninggalkan klub China, Chengdu, pada tahun lalu karena campur tangan dewan direksi, dan kembali menemukan situasi serupa di klub selanjutnya, Chongqing Lifan.
"Saya dipanggil ke ruangan para bos, dan ia mulai meminta kepada saya agar beberapa pemain yang lebih tua, yang tidak saya mainkan, agar dapat kembali ke tim (utama)," tulis McKinna di blog sepak bola Australia.
"Saya tidak setuju dengan apa yang ia katakan, dan memilih untuk menandatangani surat pengunduran diriku, seperti yang saya alami di Chengdu pada tahun lalu, dan (saya) tidak ingin melakukannya lagi."
Tugas terakhir Lippi diakhiri dengan buruk, ketika sang juara bertahan Italia tersingkir di fase grup Piala Dunia 2010, dan memerlukan waktu setahun sebelum ia berkata bahwa ia siap untuk kembali menjadi pelatih. Ia akan berharap dapat melalui masa-masa yang lebih bahagia di China.

Pewarta : -
Editor : hernawan
Copyright © ANTARA 2024