James menjadi pemain kedelapan yang memperoleh penghargaan itu sebanyak tiga kali atau lebih, dalam daftar pemain yang termasuk pemain terbaik enam-kali NBA Kareem Abdul-Jabbar, MVP lima-kali Michael Jordan dan Bill Russell, serta MVP empat-kali Wilt Chamberlain.

James bergabung dengan para pemain NBA yang sudah tiga kali meraih MVP yakni Magic Johnson, Larry Bird dan Moses Malone. Namun dari semua pemain yang pernah meraih penghargaan itu sebanyak tiga kali atau lebih, hanya James yang mejadi pemain terbaik kendati timnya tidak menjadi juara NBA.

"Saya akan mempersembahkan semua tiga gelar MVP itu bagi satu gelar juara NBA," ujar James. "Ini adalah tujuan utama saya."
Pemain depan Miami itu bergabung pula dengan Chamberlain, Abdul-Jabbar serta Malone sebagai pemenang MVP yang meraihnya pada dua klub yang berbeda. James, dalam musim kesembilannya di NBA, terpilih menjadi MVP pada 2009 dan 2010 saat dia bermain untuk Cleveland Cavaliers.

"Kurang dari 10 tahun lalu, Saya bermimpi untuk bisa bermain di NBA. Saya bermimpi bisa mengenakan seragam NBA," ujar James. "Saya tidak pernah bermimpi menjadi Pemain Terbaik (MVP)."
James rata-rata mencetak 27,1 poin, 7,9 rebound dan 6,2 assist dalam 62 pertandingan musim ini dalam musim keduanya setelah dikontrak Heat.

James memperoleh 1.074 poin dalam pemungutan suara satu panel media dan para penggemar NBA melalui internet, termasuk 85 suara tempat-pertama.

Pencetak poin terbanyak NBA Kevin Durant dari Oklahoma City menduduki tempat kedua dengan 889 poin, termasuk 24 suara tempat-pertama, disusul oleh Chris Paul dari Los Angeles Clippers dengan 385 poin dengan enam suara tempat-pertama.

Miami akan membuka pertandingan seri best-of-seven Wilayah Timur dengan melawan Indiana di kandang mereka pada Minggu.

James menekankan pentingnya kesuksesan tim untuk menyeimbangkan penghargaan individunya, dengan mengajak rekan-rekan satu timnya untuk ikut naik ke panggung pada upacara penyerahan penghargaan MVP tersebut di arena Heat dan memuji rekan-rekannya tersebut sebagai senjata rahasia bagi kesuksesan dirinya.

"Walaupun ini adalah penghargaan individu, tetapi ini sebenarnya bukan penghargaan pribadi," ujar James. "Alasannya adalah saya berada di atas panggung ini adalah karena mereka-mereka ini. Jika teman-teman saya ini tidak mengorbankan apa yang sudah mereka korbankan ... Saya tidak akan berdiri di panggung ini.

Pewarta : -
Editor : hernawan
Copyright © ANTARA 2024