Dua pemain legenda bola basket tersebut, yakni Rick Mahorn mantan pemain NBA 18 musim dan Edna Campbell atlet putri basket AS tergabung dalam Women's National Basketball Association (WNBA).
Kedua legenda bola basket AS tersebut dalam memberikan pelatihan tehnik terhadap puluhan atlet bola basket mahasiswa UNS juga dibantu oleh Becky Bonner Official NBA, Wakil Atase Kebudayaan Kedubes AS di Jakarta Arend Zwaetjes, Jerry Lolowang (NBL), Respati Ragil (Satya wacana Angsapura), Maharani Adhi, dan Catryn Clorissa (Sritex Dragon Solo).

Kedua pemain legenda bola basket AS tersebut memberikan teknik-teknik cara bermain bola basket yang benar terhadap para mahasiswa pencinta olahraga. Mereka memberikan motivasi agar berlatih dengan sungguh-sungguh untuk menjadi pemain profesional.

Para mahasiswa yang mengikuti pelatihan tersebut sangat antusias untuk dapat menyerap ilmu dengan baik yang diperagakan oleh para legenda NBA tersebut.
Menurut Wakil Atase Kebudayaan Kedubes AS di Jakarta, Arend Zwaetjes, kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Kedubes AS di Jakarta dengan NBA. WNBA, dan UNS di Solo.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan dalam program AS, yakni "Sport Envoy" atau utusan olahraga AS. Kedua mantan bintang bola basket AS itu, memberikan pelatihan basket kepada seluruh siswa di Kota Solo.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut merupakan diplomasi olahraga yang dicanangkan oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodhom Clinton dengan visinya "Smart Power Diplomacy" melalui olahraga basket untuk mempererat hubungan kedua negara.

Menurut di, bola Basket di AS merupakan olahraga yang menonjol sehingga dengan klinik pelatihan basket ini diharapkan mampu memotivasi munculnya bibit baru menjadi pemain profesional di Indonesia.

"Kami dalam perjalanan kegiatan pelatihan basket di Yogyakarta, Magelang, dan Kota Solo ini, terlihat banyak pemain muda berpotensi menjadi profesional," katanya.
Sementara itu, Rick Mahorn yang memiliki tinggi badan 2,02 meter pernah masuk tim Washiton Wizards, Detroit Pistons, Philadelphia, New Jersey Nets. Mantan pemain NBA 18 musin itu, juga pernah menyabet juara NBA 1989, dan menjadi pelatih Detroit Shock.

Rick Mahorn yang mulai karier pertama menjadi pemain bola basket di Hampton University pada tahun 1980, dan dia mulai pensiun 1999 sebagai pemain Philadelphia.

Edna Campbell yang memiliki tinggi badan 1,72 meter posisi sebagai guard itu merupakan atlet putri bola bakset yang tergabung WNBA. Dia mantan bintang tim Sacramento Monarchs yang berprestasi.

Edna Campbell mulai karier pertama basket berawal dari University of Maryland, College Park, tetapi dia mencetak prestasi yang pembanggakan saat bermain di Tim University of Texas.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024