Mobil Esemka dengan nomor polisi AD 1 A yang dikemudikan Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo tersebut, setibanya di tugu perbatasan Kleco Solo, kemudian diarak sepanjang Jalan Slamet Riyadi atau sejauh sekitar 15 kilometer menuju Solo Techno Park (STP) di Jebres.

Mobil Esemka rakitan pelajar SMK setelah merampungkan misi menjalani uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) di Serpong, Tangerang, setibanya di Solo disambut ribuan pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA, dan masyarakat sekitar memadati sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

Sejumlah pelajar ada yang membawa beberapa poster di antaranya, bertulisakan "Aku Cinta Esemka", "Love Esemka", dan "Esemka Karya Anak Bangsa". Para siswa juga berebut minta berjabat tangan dengan Wakil Wali Kota Surakarta atas suksesnya uji emisi untuk Esemka.

Yuda guru SD Margoyudan Solo, mengatakan, anak-anak sengaja diajak menyambut kedatangan mobil Esemka setelah uji emisi. Hal itu, untuk mengenalkan mereka bahwa mobil itu rakitan para siswa SMK.

"Anak-anak itu bangga bahwa mobil Esemka buatan siswa di kota ini," katanya.


Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024