Cilacap (ANTARA) - Tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia’s Most Innovative In-House Counsel Team 2024 di ajang Indonesian In-House Counsel Awards (IHCA) 2024 yang diadakan oleh Hukumonline bersama Indonesian Corporate Counsel Association (ICCA) di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, pada 18 Oktober 2024. 

Ajang yang mengusung tema Acceleration of Business 2025 ini merupakan tahunan yang bertujuan untuk mengakui dan mengapresiasi profesional legal yang telah menunjukkan keunggulan dan inovasi dalam pekerjaan mereka. 

Acara IHCA 2024 diikuti oleh lebih dari 300 In-House counsel dari 128 perusahaan nasional dan multinasional dari 23 sektor industri serta lawyer dari berbagai lawfirm bergengsi di Indonesia

Acara ini berlangsung selama dua hari dan terdiri dari berbagai kegiatan, termasuk diskusi panel, lokakarya, dan sesi networking yang mempertemukan para profesional hukum terkemuka dari seluruh Indonesia. Tidak hanya sekadar seremonial semata, acara ini juga merupakan refleksi atas kontribusi nyata in-house counsel terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan. 

"Sebagai informasi, hingga saat ini, Indonesian In-House Counsel Awards merupakan satu-satunya penghargaan di Indonesia untuk para in-house counsel," tegas Chief Media and Engagement Hukumonline Amrie Hakim.

Dalam ajang ini, para peserta juga berkesempatan mengikuti sesi edukasi dan berbagi pengalaman terkait berbagai isu hukum yang relevan, termasuk tren terkini dalam hukum korporasi, compliance, dan teknologi hukum. 

Acara resmi dibuka dengan sambutan dari Seradeyse Sumardi (Presiden ICCA), diikuti oleh sambutan dari Arkka Dhiraatara (CEO Hukumonline). Selanjutnya, sesi diskusi bertema Regulatory Technology Talk oleh Mark Cohen (pakar inovasi di bidang hukum bertaraf internasional), membahas peran praktisi hukum dalam era digitalisasi. Sesi ini dimoderatori oleh Robert Sidauruk (Chief Content Officer Hukumonline). 

Acara hari pertama juga diisi dengan panel diskusi yang membahas masa depan hukum, digitalisasi, dan disrupsi teknologi. Panel ini dimoderatori oleh Widia Hutagaol (Vice President II ICCA & Head of Legal and Government Rrelations PT Beierdorf Indonesia), dan diikuti oleh para pembicara dari berbagai perusahaan dan lembaga hukum terkemuka, termasuk Teguh Arifiyadi (Kepala Biro Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika), Udin Salahudin (Direktur Manajemen Risiko & Kepatuhan Hukum PT Pegadaian), Hilmi Adrianto (Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia) dan Boris Tampubolon (Managing Partner DNT Lawyers). 

Setelah jeda makan siang, tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia mengikuti Rountable Discussion yang diisi oleh beberapa Law Firm terkemuka di Indonesia. Salah satu yang diikuti adalah diskosi yang diisi oleh Assegaf Hamzah & Partners dengan topik Navigating Corporate Governance: The In-House Counsel’s Role in Balancing Fiduciary Duties and Shareholder Interests yang dipandu oleh Mita Kartohadiprodjo (Partner Assegaf Hamzah & Partners). 

Selain itu, tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia juga mengikuti Roundtable Discussion oleh DNT Lawyers dengan topik Corporate Criminal Liability and Board Duties: Legal Threats, Solution, and Mitigation Strategy yang dipandu oleh Pahrur Dalimunthe (Managing Partner DNT Lawyers) dan Boris Tampubolon (Managing Partner DNT Lawyers). Topik Rountable tersebut dipilih berdasarkan keselarasan dengan issues atau concern yang ada di pekerjaan tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia sehari-hari.

Setelah jeda free time pada sore harinya, acara dilanjutkan dengan Exclusive Networking, Gala Dinner with Inspirational Talk & In-House Counsel Elite 2024 Appretiation Night. Rangkaian acara berlanjut hingga hari kedua yang diawali dengan In-House Counsel Talks dengan topik The Increasing Role of In-House Counsel in Corporate Governance. 

Diskusi panel dengan topik ESG Compliance: Key Succes to Future Business, dipandu oleh Yudhistira Setiawan (Legal Group Head-Pgs Corporate Secretary Group Head, InJourney) yang terbagi dengan sub-topic The Role of Government in Shaping a Conducive ESG Legal Landscape oleh Mas Achmad Daniri (Expert Council National Commitee on Governance Policy KNKG), Trends and Responsibilities in ESG Implementation and Corporate Ethics oleh Pradana Murti (Director of Risk Management PT Sarana Multi Infrastruktur), Building a Strong ESG Culture: The Role of In-House Counsel in Ensuring Compliance and Transforming Organizational Behavior oleh Randi Ikhlas Sardoni (Vice President I ICCA & SVP-Group General Counsel Hijra/PT Alami Teknologi Sharia) dan The Role and Challenges of Legal Practitioners in Implementing ESG Compliance and Corporate Law oleh Harun Wailan Ngantung (Assegaf Hamzah & Partners).

Setelah break makan siang dan isoma, acara dilanjutkan dengan Rountable Discussion, pada sesi ini tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia kembali mengikuti topik yang relevan dengan perusahaan yakni Protection & Priviledges for In-House Counsel yang diinisiasi oleh Tamba & Kumara Law Office dan Navigating the Indonesian Legal Landscape: Focus on Carbon, Competition, and Dispute Resolution yang diinisiasi oleh Soemadipradja & Taher. 

Puncak acara dilangsungkan pada malam hari yakni In-House Counsel Awards & In-House Counsel Choice 2024 yang mana tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia berhasil menerima penghargaan sebagai Indonesia’s Most Innovative In-House Counsel Team pada Trade & Wholesale.

Hukumonline menjelaskan bahwa penilaian terhadap peserta dan kandidat penerima penghargaan pada IHCA 2024 ini dilakukan melalui metode kuantitatif dan kualitatif. Dewan juri dalam hal ini melakukan penilaian pada aspek kualitatif untuk kategori Indonesian In-House Counsel Leader of the Year 2024 dan kategori Indonesian In-House Counsel Team of the Year 2024. 

Dewan juri yang diwakili oleh Dr. Aria Suyudi, SH, LL.M, selaku staf khusus dari Mahkamah Agung dan anggota tim reformasi hukum Mahkamah Agung RI mengemukakan bahwa Dewan Juri secara individual, terlebih dulu memberikan penilaian yang kemudian dibahas dalam rapat pleno untuk menentukan hasil yang paling sesuai dengan kerangka penilaian yang disediakan panitia. Menurutnya, proses diskusi berlangsung panjang dan sangat alot. 

“Kandidat yang diajukan telah terseleksi sangat ketat dan semua memiliki keunggulan serta daya saing yang semuanya merupakan praktisi in-house counsel unggulan Indonesia, ujarnya.

Terdapat empat kategori besar pada In-House Counsel Awards 2024 yang masing-masing memiliki indikator atau aspek penilaian yang berbeda-beda yakni Indonesia’s The Most Innovative In-House Counsel Team 2024 dan Indonesia’s Most Respected In-House Counsel 2024 yang didalamnya terdiri dari 23 subsektor industri. 

Tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia’s The Most Innovative In-House Counsel Team yang merupakan kategori penghargaan yang dinilai berdasarkan inovasi tim legal menciptakan efisiensi dan efektifitas kerja serta berkontribusi signifikan bagi perkembangan bisnis perusahaan. 

Pemetaan sektor industri dilakukan melalui diskusi internal Hukumonline secara seksama, sehingga terdapat penyesuaian atas sektor industri yang dipilih oleh perusahaan. Seluruh penerima penghargaan dalam In-House Counsel Awards 2024 melalui proses penilaian berdasarkan pada dokumen self assessment serta data pendukung melalui survei yang dilaksanakan pada Juli-Agustus 2024. 

Penghargaan ini diberikan kepada tim legal PT Etos Kreatif Indonesia sebagai pengakuan atas dedikasi dan kontribusi dalam mendukung keberhasilan perusahaan melalui strategi hukum yang inovatif, efisien, dan berkelanjutan. Juri menilai kinerja tim legal PT Etos Kreatif Indonesia berdasarkan beberapa kriteria, seperti kepemimpinan, kolaborasi, dan kemampuan dalam mengelola risiko hukum serta mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan. 
  Executive Vice President Legal & Corporate Secretary PT Etos Kreatif Indonesia Iwan Sunaryoso (dua dari kiri) berfoto bersama Tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia. ANTARA/HO-Etos
Selain itu, penghargaan ini juga mencerminkan kerja keras tim legal PT Etos Kreatif Indonesia dalam menjaga hubungan yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan internal dan eksternal, serta kemampuan kami dalam menghadapi tantangan hukum yang dinamis.

Penghargaan kepada tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia diterima dengan baik oleh Executive Vice President Legal & Corporate Secretary PT Etos Kreatif Indonesia Iwan Sunaryoso.

Iwan menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara acara atas penghargaan yang diberikan, beberapa hal terkait tim Legal di PT Etos Kreatif Indonesia juga disampaikan kepada para peserta.

“Perusahaan kami dari kota kecil (Cilacap), bahkan tim Legalnya baru terbentuk satu setengah tahun yang lalu, sementara perusahaan telah berdiri 6 (enam) tahun yang lalu. Jadi dari 1,5 tahun lalu kami harus berjuang melengkapi dokumen-dokumen, kontrak-kontrak yang semula masih sangat sederhana, bahkan hanya dengan jabat tangan Perusahaan kami asalnya dari UMKM, tapi saat ini produk yang kami kelola di bulan Juli lalu mendapatkan tiga penghargaan, salah satunya sebagai the first winner untuk best selling product di e-commerce, dan untuk saat ini kami sudah melangkah lebih jauh yang mana tim Legal kami mendapatkan penghargaan ini," ujarnya.

Tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia yang diwakili oleh Iwan Sunaryoso, juga menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima tidak terlepas dari dukungan founder perusahaan. Founder PT Etos Kreatif Indonesia menekankan alih-alih perusahaan hanya berorientasi pada keuntungan yang besar semata, beliau lebih mengedepankan keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang.

“Penghargaan ini tidak terlepas dari dukungan founder kami, yang menekankan bahwa perusahaan ini harus sustain, bahwa kalau hanya untuk dapat untung dan profit itu genjot saja salesnya. Tapi bagaimana jika produk yang kami jual itu sangat rentan dengan risiko (tiba-tiba viral dsb) tahu-tahu produk kami jatuh," katanya.

Selain apresiasi terhadap penyelenggara acara dan perusahaan, Iwan Sunaryoso juga mengungkapkan bahwa penghargaan ini diperoleh karena hasil kerja keras tim Legal selama ini yang diiring dengan berbagai macam tantangan yang dihadapi. Terutama dalam hal memperoleh tim yang solid, mengingat lokasi perusahaan yang berada di kota Cilacap, sebuah kota kecil yang masih agak sulit untuk dijangkau dari kota-kota besar lain.

“Ini juga berkat kerja keras dari tim kami, yang mana karena kami berasal dari Cilacap, kami mengalami kesulitan tersendiri di tim legal, karena ketika kami interview di Jakarta, lalu bertanya kantornya dimana? Di Cilacap, batal semuanya. Karena ke Cilacap hanya ada 1 kereta dari Jakarta jam 9 malam. Jadi itu kesulitannya. Semoga dengan penhargaan ini, support dari Hukumonline dan ICCA, mudah-mudahan kandidat-kandidat yang kami interview ini ngga berpikir kota Cilacap, kota kecil, dan sebagainya," ujarnya.

Keikutsertaan Tim Legal PT Etos Kreatif Indinesia dalam ajang ini bukan hanya sekadar menerima penghargaan, juga menerima banyak manfaat lain. Diperolehnya wawasan baru melalui sesi diskusi panel dengan para ahli hukum terkemuka, serta memperluas jejaring profesional dengan sesama in-house counsel dari berbagai sektor industri. 
Pengalaman ini memberikan motivasi bagi tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam memberikan solusi hukum yang terbaik untuk perusahaan. Penghargaan ini menjadi dorongan bagi tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia untuk terus melangkah maju, menghadapi tantangan yang ada, dan selalu memberikan kontribusi positif bagi kesuksesan perusahaan.

Tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dukungan hukum dan menjaga standar profesionalisme yang tinggi, tentu dengan disertai oleh dukungan yang baik dari perusahaan.

Melalui acara ini, tim Legal PT Etos Kreatif Indonesia juga mendapatkan kesadaran mendalam bahwa profesi in-house counsel itu merupakan bagian yang penting dan strategis dalam suatu perusahaan yang berkomitmen untuk terus bertumbuh dan berkembang.
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024