Solo (ANTARA) - Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kota Surakarta berkomitmen membina atlet agar lebih profesional dan berprestasi di berbagai kejuaraan.

Ketua Perbakin Kota Surakarta Ricky Haryanto di Solo, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan, dengan diterimanya Surat Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0008689.AH.01.07 Tahun 2024 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Perbakin Kota Surakarta tertanggal 12 September 2024, maka tanggung jawab organisasi tersebut semakin besar.

Selain berkomitmen menciptakan dan melakukan pembinaan atlet, pihaknya juga berkomitmen melakukan pembinaan sumber daya manusia yang sportif, berintegritas, dan berkarakter melalui olahraga menembak.

“Dengan sasaran nonatlet atau para eksekutif muda yang selama ini telah disibukkan dengan kegiatan perkantoran sehingga melupakan pembinaan dan pelatihan diri,” katanya.

Pihaknya juga siap berkolaborasi dengan perusahaan untuk membuat program pelatihan menembak yang selanjutnya dapat dipertandingkan antar-perusahaan BUMN maupun swasta.

“Dalam hal ini Perbakin Kota Surakarta siap menjadi inisiator dan fasilitator di dalamnya,” katanya.

Sementara itu, untuk mencetak atlet menembak yang mumpuni, Perbakin Kota Surakarta memiliki fasilitas lapangan tembak senapan angin dalam ruangan dengan peralatan atau fasilitas yang cukup memadai dan representatif untuk kelas-kelas dalam kejuaraan indoor 10 m dan lapangan luar ruangan sasaran metal siluete dengan jarak 41 meter dan 25 m (WRABF).

“Selain itu juga yang lazim dipertandingkan di kejuaraan PON dan olah raga open tournament, fun games, AAIPSC, air soft gun dengan didampingi pelatih yang profesional,” katanya.

Ia mengatakan menembak sasaran bukan hanya olahraga untuk membuat tetap aktif tetapi juga membangun harga diri dan kepercayaan diri.

“Ini merupakan cara yang sangat baik untuk menghabiskan waktu luang serta mengembangkan persahabatan yang langgeng. Namun jika ini belum cukup, olahraga ini juga terbukti memiliki manfaat kesehatan yang terukur, baik fisik maupun mental,” katanya.

Baca juga: Perbakin Banyumas Siapkan Atlet Muda

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024