Magelang (ANTARA) - Penjabat Sementara Wali Kota Magelang Ahmad Aziz mengharapkan peranan aktif Forum Anak Organisasi Bocah Asli Magelang (Obama) sebagai agen perubahan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat sekitarnya.

"Menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar," katanya dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Rabu.

Ahmad Aziz melantik pengurus Forum Anak Obama periode 2024-2026 di Pendopo Pengabdian Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Selasa (22/10). 

Forum beranggotakan siswa dan siswi SMP-SMA itu, sebagai wadah aspirasi anak-anak dalam pemenuhan hak anak, sekaligus menjembatani anak dengan pemerintah dalam penanganan persoalan, khususnya anak.

Ia menyebut Forum Anak Obama memikul tanggung jawab besar sebagai pelopor dan pelapor hak anak.

Peran ini, kata dia, menuntut anak-anak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang isu-isu yang mereka hadapi.

Sebagai pelopor, katanya, mereka harus menjadi agen perubahan, memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat, inspiratif, dan berdampak positif.

Sebagai pelapor, katanya, mereka harus berani menyampaikan pendapat dan melaporkan ketika terjadi pelanggaran hak anak serta berperan aktif dalam mendukung perlindungan anak di lingkungan sekitar.

Ia mendorong Forum Anak Obama dan seluruh forum anak di Kota Magelang konsisten memberikan masukan dalam proses perencanaan, pemantauan, dan evaluasi kebijakan program serta kegiatan pembangunan daerah.

Pihaknya berharap, melalui forum maka anak-anak di Kota Magelang semakin terlindungi dan terlayani kebutuhan serta hak-haknya.

Ketua Forum Anak Obama Kota Magelang Muhammad Ihsan mengatakan forum tersebut bertanggung jawab sebagai pelopor dan pelapor serta penyalur aspirasi anak-anak sebaya di daerah setempat.

Dirinya ingin anak-anak di Kota Magelang dapat mengembangkan keterampilan sesuai minat dan bakat masing-masing. 

Melalui forum ini pula, Ihsan yang juga siswa SMAN 2 Magelang itu menyatakan ingin memperjuangkan hak-hak anak.

"Sejauh ini pengetahuan anak-anak di Kota Magelang terhadap hak-haknya masih minim. Fokus Obama nantinya melakukan sosialisasi anak-anak sebaya tentang hak-hak anak," ujarnya.

Berbagai kegiatan Forum Anak Obama di antaranya sosialisasi hak-hak anak melalui media digital dan video kreatif. 
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024