Semarang (ANTARA) - PT KAI bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine terhadap para pegawai di tujuh stasiun di wilayah Daop 4 Semarang sebagai upaya mencegah penyalahgunaan narkotika di lingkungan BUMN tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo di Semarang, Jumat, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sejak 1 hingga 4 Oktober 2024 tersebut merupakan bagian dari komitmen Kementerian Perhubungan dalam mewujudkan pencegahan serta pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Menurut dia, terdapat sekitar 150 pegawai PT KAI yang dipilih secara acak dalam tes urine tersebut.

"Pegawai mulai dari masinis, asisten masinis, pengatur perjalanan kereta api, tenaga perawatan sarana dan prasarana, hingga penjaga perlintasan dipilih secara acak untuk tes urine," katanya.

Para pegawai tersebut masing-masing bertugas di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Pekalongan, Stasiun Batang, Stasiun Plabuan, Stasiun Weleri, dan Stasiun Brumbung.

Ia mengungkapkan urine150 pegawai tersebut dipastikan negatif dan bebas narkoba.

Menurut dia, tes urine para pegawai KAI tersebut bertujuan untuk memastikan sumber daya manusia yang ada siap dalam bertugas dan dalam kondisi prima.

"Ini bagian dari komitmen KAI dalam mewujudkan pelayanan terbaik dalam perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan selamat," katanya.


Baca juga: KAI gandeng BNPT sosialisasi pencegahan aksi terorisme

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024