Semarang (ANTARA) - USM Career and Alumni Center (UCAC) Universitas Semarang (USM) sukses menggelar bursa kerja atau job fair yang dihadiri 1.394 peserta.

Job fair ditutup dengan penandatanganan MoU antara USM dengan 10 perusahaan, pada Kamis (5/9/2024) di Auditorium Prof. Muladi USM.

Kegiatan penandatanganan MoU di hadiri oleh Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Ketua UCAC, Dr Dedy Suwandi SH MH beserta jajaran dan para perwakilan dari perusahaan.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan kebanyakan yang hadir di job fair dari luar USM dan itu salah bukti kepercayaan publik terhadap USM.

"Dari 1.394 peserta yang hadir itu, hanya sedikit yang dari internal USM, artinya itu salah satu keberhasilan untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap USM," ungkapnya.

Selain itu, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mempersilahkan bagi perusahaan yang ingin melakukan wawancara internal dapat melaksanakan di USM.

"Jika kemudian nanti secara khusus ada perusahaan yang ingin melakukan wawancara internal di USM, saya persilakan, tinggal omong sama kami mau mewawancarai rekan-rekan yang akan kami terima. USM memberikan tempat ada di lantai 9, di lantai 8 juga ada banyak ruangan khusus yang bisa dipakai," jelasnya.

Wakil Rektor III berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan.

"Harapannya kerja sama terus berlanjut, dan terlaksananya implementation agreement yang kami berharap itu bisa terjadi, tidak hanya untuk mengembangkan USM saja, tetapi yang paling utama mengembangkan perusahaan-perusahaan yang bapak ibu sekalian sedang kelola saat ini, untuk terus maju berkembang bersama kami Universitas Semarang," harapnya.

Kemudian, Ketua UCAC Dr Dedy Suwandi SH MH mengatakan, dalam rangkaian kegiatan job fair ini dilaksanakan penandatanganan MoU antara USM dengan perusahaan industri.

"Rangkaian kegiatan bursa kerja ini, kita laksanakan yang namanya company gathering dimana kita laksanakan MoU, yang nantinya bisa terlaksana implementasi agreement antara universitas Semarang dan juga perusahaan-perusahaan," ungkapnya.

Sementara itu, regional people partner lead dari PT Amartha Micro Fintek, Vivid Wicaksono mengungkapkan harapan dari pelaksanaan MoU ini dapat lebih mudah untuk alumni USM mencari kerja dan dari sisi perusahaan tidak kerepotan mencari pelamar.

"Harapan saya dari MoU yang tadi kita sudah tanda tangani, alumni bisa lebih mudah untuk mencari pekerjaan dan kita dari pihak perusahaan juga dengan senang hati ketika banyak alumnus dari USM yang mendaftar ke kami karena hal itu akan menambah database pelamar kita juga sehingga ketika ada kebutuhan kita jadi enggak repot-repot lagi mencari, karena sudah banyak alumni yang mendaftar," jelasnya.

Beberapa perusahaan yang menandatangani kerjasama ini meliputi, PT Amartha Micro Fintek, PT Sinar Sosro Tbk, PT Kharisma Potensia Indonesia, PT Perta Pora Abadi/Mie Gacoan, PT Smartfreen Telecom Tbk, BTPN Syariah, PT Arta Boga Cemerlang, BFI Finance, PT Bina Artha Ventura, PT Transcosmos Indonesia. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024