Solo (ANTARA) - Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menjadi juara umum Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopnas) 2024.

Salah satu mahasiswa Ratih di Solo, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan ia bersama dengan dua teman yang lain yakni Ja’izah Nasywa dan Hardani Ismu Nabil tergabung dalam satu tim.

Pada ajang tersebut mereka berhasil meraih juara 1 di kategori esai, juara 1 dan juara favorit untuk kategori creative short movie, serta juara 3 dan best speaker pada kategori business plan.

Ratih yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Angkatan 2021 mengatakan mereka bertiga berasal dari program studi yang berbeda.

"Ja’izah Nasywa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2022 dan Hardani Ismu Nabil mahasiswa Prodi Matematika Angkatan 2023," katanya.

Ia mengatakan Jamkopnas merupakan lomba bertaraf internasional.

"Kami mempersiapkan presentasi dan membuat prototipe sederhana sebagai pembeda dari finalis lainnya. Saya sendiri berfokus di kategori esai, Nasywa di kategori creative short movie, dan Ardan di kategori business plan," katanya.

Jamkopnas 2024 yang diselenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tersebut merupakan perlombaan rutin tahunan yang diikuti oleh seluruh koperasi mahasiswa di bawah naungan Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI).

Terdapat peraturan siapapun yang menjadi juara umum akan menjadi tuan rumah kompetisi tahun selanjutnya.

"Karena UNS berhasil meraih juara umum Jamkopnas tahun 2024, maka UNS akan menjadi tuan rumah untuk Jamkopnas tahun 2025," katanya.

Baca juga: Mahasiswa KKN UNS perkenalkan hidroponik dengan media hidrogel

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024