Semarang (ANTARA) - PT Daikin Airconditioning Indonesia kembali berkontribusi pada peningkatan pendidikan Indonesia dengan meresmikan pusat keunggulan untuk pengembangan kompetensi siswa didik dan tenaga pengajar, di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Ungaran, Jawa Tengah (27/8). 

"Pengembangan Daikin Center of Excellence bagi sekolah vokasi ini merupakan bagian dari upaya keberlanjutan sinergi dengan pemerintah dalam kerangka pengembangan kompetensi pendidikan vokasi,” kata Budi Mulia, Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia. Keberadaan pusat keunggulan Daikin Center of Excellence merupakan tahap lanjutan dari berbagai kolaborasi ini yang sudah berjalan dengan baik sebelumnya,” kata Budi Mulia.

Memasuki Daikin Center of Excellence di SMK NU Ungaran sendiri tidak ubahnya seperti ruang kelas dengan papan tulis dan meja pengajar berada di depan. Sementara pada salahsatu dinding kelasnya tertutup poster yang berisikan berbagai pengetahuan terkait pendingin udara (air conditioner atau AC).

Melangkah lebih ke dalam, akan mendapatkan deretan perangkat AC yang terpasang pada rak khusus untuk kebutuhan praktek langsung. Selain AC untuk kebutuhan hunian, terdapat pula deretan AC Daikin yang dibuat khusus untuk kebutuhan bangunan komersial. Tatanan khusus perangkat AC ini disiapkan untuk berbagai praktek di antaranya proses instalasi, troubleshooting AC hingga refrigerant recovery. 

"Melengkapi bangunan fisiknya, kami pun telah menyiapkan berbagai program untuk mendukung keberadaannya dalam peningkatan kompetensi siswa dan tenaga pengajar. Program ini, dikatakannya lagi, merupakan penguatan dari kolaborasi sebelumnya. Termasuk di antaranya pengayaan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, pengadaan pelatihan dari Daikin sebagai guru tamu, hingga praktek kerja lapangan bagi guru dan siswa," katanya.

Daikin, kata Budi, mengharapkan keberadaan pusat keunggulannya di SMK NU Ungaran ini dapat pula memberi manfaat lebih luas yang menjangkau berbagai pihak terkait di luar sekolah, sehingga akan dapat mendorong terciptanya lebih banyak tenaga kerja bidang refrigerasi dan tata udara dengan kualifikasi tinggi khususnya di wilayah sekitar Ungaran. 

"Semakin tingginya kompetensi calon tenaga ahli, khususnya bidang refrigerasi dan tata udara, memberi peluang semakin besar bagi kami para pelaku industri untuk mendapatkan sumber daya manusia dengan kompetensi unggul,” kata Budi Mulia. 

Ia mengatakan tidak hanya bagi Daikin, namun pula bagi industri secara keseluruhan, angka kebutuhan tenaga kerja bidang refrigerasi dan tata udara dengan kompetensi memadai ini masih sangat besar. Hal inilah yang membuat upaya pengembangan sekaligus pemanfaatan pusat keunggulan di sekolah vokasi ini menjadi penting keberadaannya.

Menyambut baik pembukaan pusat keunggulan Daikin, Dr. H. Ahmad Hanik, M.Pd., selaku Kepala SMK NU Ungaran menyampaikan harapan yang sama. Semakin eratnya kolaborasi antara institusi pendidikan vokasi dengan industri, menjadi salah satu kunci pengembangan angkatan kerja sekaligus memberi dampak bagi perkembangan ekonomi Indonesia di masa mendatang. 

"Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik sinergi dengan industri yang berbuah pada berdirinya Daikin Center of Excellence ini. Kami berharap sinergi ini akan terus berkembang di masa mendatang untuk kemajuan pendidikan dan siswa didik di Indonesia,” kata Ahmad Hanik.
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024