Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan simulasi pendaftaran calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024.

"Persiapan sudah kami lakukan sejak kemarin setelah acara sosialisasi kode etik. Kami juga siapkan live streaming, tempat, dan kursi," kata Ketua KPU Surakarta Bambang Christanto di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Ia mengatakan pada hari pertama pendaftaran calon peserta pilkada, KPU melakukan simulasi tata cara pendaftaran, termasuk simulasi menghubungi LO (liaison officer) pasangan calon.

"LO akan absen pertama kemudian mengabsenkan seluruh rombongan, kami juga siapkan id card (kartu identitas). Yang menerima pertama, yang menyambut bapaslon yakni sekretaris KPU Surakarta. Kemudian rombongan masuk di aula," katanya.

Pihaknya juga mengimbau kepada tim pasangan calon agar pada H-1 sebelum pendaftaran bisa membawa bekas yang dibutuhkan ke KPU.

"Selanjutnya akan kami cek, kami terima, dan diverifikasi oleh KPU," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, sampai dengan hari ini komisioner KPU belum menerima informasi soal partai politik maupun gabungan parpol yang akan mendaftar di hari pertama.

"Untuk hari kedua dan ketiga juga belum. Sebetulnya kami juga menunggu. Namun kami tetap siapkan simulasi termasuk SOP. Kalau terkonfirmasi berapa rombongannya kan bisa koordinasi dengan pihak keamanan agar situasi lebih lancar," katanya.

Ia mengatakan pada pendaftaran hari pertama dan kedua akan dibuka pada pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan pada hari ketiga atau penutupan di tanggal 29 Agustus pendaftaran akan ditutup pada jam 23.59 WIB.

"Itu nanti ada penutupan seremonial, sudah diatur dalam regulasi," katanya.

Baca juga: Tingkatkan PAD Solo, Rudy Indijarto Berstrategi Lewat Pajak

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024