Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyambut positif dibentuknya kelas khusus bidang olahraga sebagai wadah menampung potensi peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Pekalongan.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa kelas khusus ini bisa menampung siswa-siswi yang berbakat di bidang olahraga sehingga ketika mereka telah memiliki potensi dan diasah maka bisa berpeluang lebih besar menjadi atlet profesional.

"Oleh karena itu, hal itu menjadi tugas pemerintah dan sekolah untuk mengoptimalkan bakat siswa tersebut agar nantinya prestasi yang diraih mampu mengharumkan nama bangsa," katanya.

Kelas khusus olahraga adalah sebuah kelas di suatu sekolah yang dibentuk secara khusus untuk menampung dan melayani siswa yang mempunyai bakat atau potensi khusus atau bakat istimewa di bidang olahraga.

Menurut dia, pihaknya akan mengajukan adanya kelas khusus olahraga kepada Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

"Kami berharap semoga hal ini bisa menjadi nilai plus untuk Kota Pekalongan terutama SMP Negeri 6 Pekalongan," katanya.

Dikatakan, dengan adanya kelas khusus olahraga tersebut, peserta didik akan termotivasi untuk meraih prestasi dengan bakat yang dimilikinya tanpa harus mengesampingkan proses belajar mengajar secara akademik.

Dampak positif lainnya, kata dia, para siswa itu ketika di luar jam sekolah mereka tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

"Kami apresiasi adanya kelas khusus ini yang juga bisa menggali potensi peserta didik untuk menggenjot prestasi olahraga di daerah ini ke jenjang lebih baik lagi," katanya.

Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kota Pekalongan Qurratiani menjelaskan kelas khusus olahraga ini baru pertama kali diinisiasi untuk meningkatkan pelayanan kebutuhan minat peserta didik.

"Tujuan dibukanya kelas khusus olahraga ini selain meningkatkan kebugaran tubuh peserta didik juga sekaligus untuk memasyarakatkan olahraga dan menyiapkan siswa yang berpotensial menjadi atlet profesional di bidang olahraga," katanya.


 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024