Magelang, Jawa Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Magelang bersama sejumlah pihak menggelar Semarak Gemilang Festival UMKM 2024 di Lapangan Soepardi untuk mengenalkan potensi dan produk kabupaten setempat sebagai upaya mengendalikan inflasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto di Magelang, Jateng, Jumat, menyampaikan UMKM mempunyai peran yang strategis dalam menggerakkan pembangunan ekonomi nasional dan daerah.

Selain mendorong pertumbuhan ekonomi, menjaga kestabilan perekonomian, penyerapan tenaga kerja, UMKM juga merupakan cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar dan sangat menentukan kesejahteraan.

Kegiatan itu juga sebagai media rekreasi dan hiburan masyarakat yang murah dan merakyat, sekaligus turut memeriahkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Magelang.

"Festival UMKM ini adalah bukti nyata bahwa kita memiliki potensi besar untuk mandiri dan berdaya saing. Kami mengajak masyarakat untuk lebih aktif memberdayakan produk-produk lokal. Dengan membeli dan mengonsumsi produk UMKM, masyarakat turut berkontribusi dalam meningkatkan geliat ekonomi lokal," kata Adi.

Ia menyampaikan melalui festival UMKM ini, mampu menggerakkan roda perekonomian bagi para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Magelang, sehingga nantinya produk-produk yang dijual akan dapat menciptakan dan mempunyai pangsa pasar tersendiri dan secara signifikan bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Disdagkop UKM beserta seluruh stakeholders terkait dengan mengadakan kegiatan pasar murah dan penjualan paket sembako subsidi harga. Hal ini diharapkan bisa mengendalikan inflasi dan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Magelang," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang Sulistyo Yuwono menyampaikan kegiatan festival UMKM itu bertujuan untuk mengenalkan potensi dan produk Kabupaten Magelang, serta sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi.

Kegiatan festival UMKM Semarak Gemilang ini merupakan kolaborasi Disdagkop UKM dengan Dekranasda Kabupaten Magelang, PKK Kabupaten Magelang, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Magelang dan kecamatan se-kabupaten Magelang dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan potensi produk unggulan Kabupaten Magelang.

"Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Dispeterikan, Distan Pangan, dan Bulog untuk program pasar murah dalam pengendalian inflasi," katanya.

Disdagkop juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan; Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga; dan Kominfo untuk hiburan masyarakat.

"Festival UMKM ini dilaksanakan mulai hari Jumat sampai dengan hari Minggu tanggal 23-25 Agustus 2024," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan: 486 UMKM manfaatkan e-katalog lokal

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024