Semarang (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang PD Pontren menggelar sosialisasi dan evaluasi data pendidikan dan pondok pesantren bertempat di sebuah hotel di Semarang. 

Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 21 sampai dengan 23 Agustus 2024. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kabid PD Pontren Amin Handoyo dan diikuti oleh seluruh operator pengelola data se-Jateng.

Amin Handoyo menyampaikan Kemenag telah memberikan kemudahan dalam melayani masyarakat, salah satunya melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. 

"Kami telah diberikan kemudahan, namun hal ini bukan pekerjaan yang sederhana untuk sebuah pendataan. Perlu ketelitian, ketekunan, dan kesabaran. Jadi data yang dimasukkan harus akurat, terintegrasi dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika ada kesalahan segara lakukan perbaikan, karena ini menyangkut data umat," katanya.

Selama kegiatan para peserta akan dibekali beberapa materi di antaranya pemanfaatan Aplikasi Ijin Operasional Pesantren SITREN, Sosialisasi Aplikasi Ijin Operasional IZOP MDT dan SIPDAR PQ, Proses Validasi data Emis 4.0 dengan data Verval PD, Bintek Aplikasi Emis PD Pontren, Sinkronisasi data LPKI, serta Praktik Pengisian Aplikasi Emis 4.0.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024