Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kota Semarang siap menggelar "Semarang Merdeka Flower Festival 2024" pada akhir pekan ini yang digadang-gadang mampu menjadi magnet untuk menarik wisatawan.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, di Semarang, Selasa, mengajak seluruh warga kota Semarang untuk turut serta memeriahkan acara yang digelar pada Sabtu (24/8).

"Semarang Merdeka Flower Festival ini adalah acara dari warga, oleh warga, dan untuk warga. Saya mengajak seluruh masyarakat kota Semarang untuk datang bersama keluarga dan teman-teman, menikmati kemeriahan serta beragam hiburan yang telah disiapkan," kata Ita, sapaan akrabnya.

Rute sepanjang 2,8 kilometer akan ditempuh para kontestan karnaval, mulai dari Balai Kota Semarang di Jalan Pemuda, melewati Jalan Pandanaran dan berakhir di Lapangan Simpang Lima Semarang.

Festival parade bunga itu merupakan rangkaian resepsi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan RepubIik Indonesia tingkat Kota Semarang.

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang itu akan menghadirkan beragam kegiatan menarik, termasuk parade bunga yang menampilkan beragam jenis bunga lokal dan nasional, serta mobil hias yang berhiaskan bunga asli minimal sebanyak 50 persen.

Rencananya, Wali Kota Semarang beserta jajarannya juga turut memeriahkan dengan naik sepeda berhias bunga.

Parade bunga itu juga akan diikuti oleh berbagai instansi pemerintah, sekolah, komunitas, hingga perusahaan swasta, yang semuanya akan bersaing untuk menampilkan dekorasi terbaik.

Bahkan, Pemkot Semarang juga telah menyiapkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah untuk memeriahkan acara ini.

Ia menambahkan bahwa festival tersebut bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai bentuk penghargaan terhadap semangat gotong royong dan kebersamaan yang menjadi ciri khas warga Kota Semarang.

Tidak hanya itu, selama rangkaian event akan ada bazar UMKM binaan Dinas Perindustrian di Lapangan Pancasila Simpang Lima.

Usai karnaval, akan digelar Resepsi HUT RI ke-79 dengan konsep pentas seni dengan menghadirkan berbagai grup band lokal dan nasional pada pada Sabtu (24/8) malam.

Dalam kesempatan itu, Ita berharap kegiatan itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan, sekaligus magnet wisatawan.

"Yang penting kita jaga bersama kebersihan sehingga wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang bisa menikmati dan tidak kapok untuk menyaksikan even-even di Kota Semarang," katanya.

Beragamnya kegiatan yang akan digelar, mulai dari Semarang Merdeka Flower Festival hingga Resepsi HUT Ke-79 RI, kata dia, diharapkan dapat menarik ribuan pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota Semarang sehingga memberikan "multipler effect" bagi perekonomian.

Pemkot Semarang telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan acara ini berjalan lancar dan aman, mulai pengaturan arus lalu lintas hingga penempatan petugas kebersihan untuk menjaga agar area festival tetap bersih dan nyaman.

Baca juga: Pemkot Semarang susun regulasi penyelenggaraan pariwisata berkualitas

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024