Solo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Surakarta melibatkan ratusan personel dari berbagai satuan untuk melaksanakan pelatihan sistem pengamanan kota (sispamkota) dalam rangka persiapan Pilkada 2024 di halaman parkir Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Pada pelatihan tersebut melibatkan 450 personel dari berbagai satuan di Polresta Surakarta. Bahkan, anggota polresta dari berbagai satuan seperti Dalmas, Narkoba, Kriminal, Intelijen, Lalu Lintas, K9, Negosiator, dan Water Conon mengikuti pelatihan pengamanan pilkada tersebut.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi mengatakan bahwa pelatihan sispamkota merupakan bagian dari kesiapan pihaknya menyongsong pelaksanaan Pilkada 2024.

Menurut dia, sispamkota menjadi salah satu sarana pengecekan yang pertama personel dan peralatan untuk mengantisipasi jika ada eskalasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dengan demikian, pihaknya bisa mengukur kemampuan personel sekaligus memelihara kemampuan personel untuk bisa melaksanakan sistem pengamanan.

Kapolresta mengatakan bahwa pihaknya mengerahkan kekuatan sesuai dengan peningkatan standar operasional prosedur jika ada eskalasi kamtibmas, mulai dari negosiator, mengerahkan kekuatan Polri guna mengantisipasi apabila terjadi kerusuhan, hingga penangkapan terhadap perusuh.

Untuk pilkada, pihaknya masih menunggu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) seperti apa komposisi untuk tempat pemungutan suara (TPS) apakah ada perubahan atau tidak. Hal ini berpengaruh pada plotting personel.

Jika berkaca pada Pemilu 2024, kata Kombes Pol. Iwan, kemungkinan ada perubahan. Dalam hal ini pihaknya segera menyesuaikan pada komposisi personel untuk pengamanan beberapa titik atau TPS mungkin ada perubahan khusus dan sebagainya.

"Kami belum bisa menentukan bagaimana komposisinya. Kami juga akan melaksanakan pengamanan dari masing-masing calon kepala daerah yang akan mendaftarkan diri ke KPU," katanya.

Baca juga: Polres Jepara gelar sispamkota untuk pengamanan Pemilu 2024

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024