Kudus (ANTARA) - Sebanyak 17 pendaftar mengikuti lelang jabatan yang dibuka Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala dinas di tiga organisasi perangkat daerah (OPD).

"Dari 17 pendaftar tersebut, terdapat dua pendaftar yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) dari luar Kabupaten Kudus," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Revlisianto Subekti di Kudus, Senin.

Ketiga OPD yang mengalami kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama tersebut, yakni Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Dua pendaftar yang berasal dari luar Kudus tersebut, kata dia, mendaftar untuk lowongan jabatan di Dinas Perdagangan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Untuk pendaftarannya sendiri, kata dia, sudah ditutup pada tanggal 30 Juni 2024. Kemudian akan dilakukan seleksi administrasi dari 17 pendaftar tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Kabupaten Kudus Putut Winarno menambahkan pengumuman seleksi administrasi oleh panitia seleksi diumumkan pada tanggal 4 Juni 2024.

"Setelah dinyatakan lolos administrasi, dilanjutkan asesmen di pusat asesmen di Yogyakarta," ujarnya.

Ia mengungkapkan pemilihan asesmen tersebut sesuai petunjuk dari Komisi ASN untuk melakukan asesmen yang memiliki akreditasi A. Sedangkan unit peningkatan kompetensi yang dimiliki Pemerintah Yogyakarta memiliki akreditasi A.

Tahap selanjutnya, kata dia, pendaftar yang lolos asesmen akan melakukan uji gagasan dan wawancara.

"Selanjutnya, panitia seleksi akan mengambil tiga nama yang memiliki peringkat tertinggi dari masing-masing OPD. Kemudian hasilnya diserahkan ke pejabat yang berwenang," ujarnya.

Terkait lelang jabatan tersebut, Penjabat Bupati Kudus M. Hasan Chabibie menegaskan bahwa dalam pengisian jabatan kepala OPD tersebut tanpa uang maupun pungutan liar.

"Semua berbasis kompetensi, profesionalitas, dan integritas dari masing-masing yang mengajukan diri. Ini komitmen saya pribadi. Jika ada yang mengaku orang dekat saya, dipastikan tidak benar," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kudus buka lelang jabatan untuk tiga kepala dinas

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024