Purwokerto (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Purwokerto memberikan perlindungan kepada 333 peserta berasal dari 18 tim yang bertanding dalam turnamen sepak bola Camat Cup 2 Tahun 2024 di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Perlindungan yang kami berikan sesuai yang didaftarkan oleh panitia, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto Antony Sugiarto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Dia menjelaskan berbagai manfaat yang bisa didapatkan para atlet menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di antaranya perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh bagi atlet yang mengalami kecelakaan kerja berupa cedera saat bertanding.

Bahkan, kata dia, jika atlet tersebut meninggal dunia akibat kecelakaan kerja saat bertanding, maka ahli waris yang bersangkutan berhak mendapatkan santunan JKK sebesar 48 kali upah terakhir yang dilaporkan.

Akan tetapi jika atlet tersebut meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja, ujar dia, ahli waris yang bersangkutan mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta.

"Kami hadir untuk melindungi para atlet. Ini adalah bentuk komitmen yang kami bangun khususnya di Kabupaten Banyumas bagi para atlet dari kategori amatir hingga atlet profesional," katanya.

Ia mengharapkan, ke depan makin banyak cabang olahraga yang atletnya mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan demikian, kata dia, para pemain dan pelatih bisa tenang dalam menekuni profesi itu.

"Jika semua terlindungi maka semuanya bisa lebih tenang dan bisa lebih fokus untuk berlatih dan bertanding. Sebab, apabila terjadi risiko kecelakaan, maka akan dikaver oleh BPJS Ketenagakerjaan," kata Antony.

Dalam kesempatan terpisah, Camat Sokaraja Jakarta Tisam mengatakan turnamen sepak bola Camat Cup 2 Tahun 2024 diselenggarakan di Lapangan Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, 1-21 Juni 2024.

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan yang selalu hadir dalam setiap kesempatan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh elemen pekerja di Kabupaten Banyumas, termasuk atlet.

"Terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang selalu hadir memberikan perlindungan kepada pekerja di Kabupaten Banyumas, termasuk pada pelaksanaan turnamen sepak bola Camat Cup 2 Tahun 2024," kata Jakarta.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024