Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menargetkan kontingen sekolah dasar dan madrasah ibtidaiah setempat bisa lolos ke Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD-MI Tahun 2024 Tingkat Nasional.

"Tahun lalu, silat kita juara nasional, sehingga kita berharap tahun ini bisa seperti itu," kata Kepala Dindik Kabupaten Banyumas Joko Wiyono di sela pembukaan O2SN SD-MI Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Banyumas di kompleks Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Banyumas, Selasa.

Selain silat, kata dia, prestasi tingkat nasional juga diharapkan bisa diraih pada cabang olahraga karate, senam, dan atletik.

Baca juga: Disdik Banyumas: GSI-O2SN ajang pencarian bibit muda bidang olahraga

Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan para juara dalam O2SN SD-MI Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Banyumas bisa menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan selanjutnya melaju ke tingkat nasional.

Terkait dengan hal itu, dia menargetkan kontingen Kabupaten Banyumas bisa masuk tiga besar di O2SN SD-MI Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Maka kita dukung agar nanti setelah mereka yang juara hari ini, nanti ada pembinaan, agar kita bisa berbicara di tingkat provinsi, bahkan tingkat nasional," katanya menegaskan.

Lebih lanjut, dia mengatakan peserta O2SN SD-MI Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Banyumas tersebut telah menjalani seleksi di tingkat Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Bidang Pendidikan.

Dengan demikian, kata dia, peserta yang lolos hingga tingkat kabupaten diharapkan bisa menjadi representasi anak-anak Banyumas di bidang olahraga renang, atletik, karate, silat, dan senam.

Menurut dia, para juara dalam O2SN SD-MI Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Banyumas akan mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan.

"Nanti kalau juara nasional, akan saya arak lagi seperti tahun lalu," kata Joko.

Baca juga: Penjabat Bupati minta pelajar Banyumas terus tingkatkan prestasi
 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024