Cilacap (ANTARA) - Sebagai dukungan nyata bagi anggotanya yang kreatif dalam menjalankan usaha, Persatuan Wanita Patra (PWP) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap menyelenggarakan workshop UMKM.

Kegiatan yang diikuti sekitar 80 anggota PWP ini digelar di gedung PWP, komplek Perumahan Pertamina Gunung Simping, Cilacap, Senin (3/6).

Ketua PWP Cilacap Mahmudah Edy Januari menjelaskan wanita memiliki potensi, semangat dan inovasi dalam berbisnis, khususnya anggota PWP Cilacap. 

"Banyak yang berawal dari sebuah hobi berkreasi membuat makanan favorit keluarga maupun produk lain, lalu berkembang menjadi industri rumahan yang memiliki nilai tambah ekonomi," ujarnya. 

Atas dasar itulah, lanjut dia, PWP menyelenggarakan workshop bertema bertema "Menggali Konsep Pemasaran Ideal melalui Digital Marketing" dengan tujuan antara lain untuk semakin mengasah keterampilan ibu-ibu dalam menjalankan usahanya, terutama dalam hal pemasaran secara digital

Pihaknya berharap tambahan pengetahuan seputar pemasaran secara digital semakin meningkatkan semangat dan motivasi peserta dalam memasarkan produk andalannya. 

"Semoga kegiatan ini bermanfaat dan diaplikasikan dalam kegiatan usaha ibu-ibu PWP," kata Mahmudah.

Baca juga: GM Kilang Cilacap sebut nilai Pancasila pemacu semangat menjaga kedaulatan energi

Workshop tersebut merupakan agenda rutin PWP melalui Bidang Ekonomi dan kali ini menghadirkan seorang pakar pemasaran digital asal Cilacap, Tri Wahyu Sungkowo. 

"Perkembangan zaman yang semakin modern, maka pelaku UMKM harus memberikan inovasi kreatif pada produk yang dipasarkan. Salah satunya inovasi platform dan media penjualan, dengan memanfaatkan media sosial," kata Tri Wahyu Sungkowo.

Menurut dia, 3 pilar utama bisnis adalah produksi, penjualan, dan manajemen.

"Dari tiga poin ini, penawaran menjadi ujung tombak. Inilah pentingnya digital marketing di era media sosial," jelasnya

Pria yang akrab disapa Pak Sung juga berpesan tekait prinsip jualan di medsos, terutama media WhatsApp. 

"Pesan saya jangan asal iklan, perbanyak kontak, libatkan media sosial yang lain, berbagi, coprywriting dan fast respon," ungkapnya.

Dalam kesempatan terpisah, Area Manager Communication, Relations, and CSR Kilang Cilacap Cecep Supriyatna mendukung sepenuhnya kreatifitas PWP dalam kegiatan tersebut. 

"Apa yang diinisiasi PWP juga sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) khususnya pada tujuan kelima, kesetaraan gender, dan kedelapan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi," katanya.

Baca juga: Ini kontribusi Kilang Cilacap dalam momentum Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia
Baca juga: Napak tilas Menara Suar Nusakambangan, cara GM Kilang Cilacap isi libur panjang dengan bermakna
Baca juga: Mitra Binaan Kilang Cilacap Tampil di Expo Dekranas 2024

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024