Cilacap (ANTARA) - General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap Edy Januari Utama mengajak seluruh komponen bangsa termasuk Perwira dan Pertiwi Pertamina untuk meneladani dan membumikan nilai-nilai luhur Pancasila. 

Saat membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Yudian Wahyudi dalam Upacara Hari Lahir Pancasila di lapangan HO Kilang Cilacap, Sabtu (1/6), Edy menyebutkan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. 

"Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong," katanya.

Pihaknya mengajak komponen bangsa bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat," ungkapnya. 

Sebagai meja statis, kata dia, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah. 

"Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi," tegasnya.

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kata dia, masyarakat juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia. 

"Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan," tegasnya. 

Baca juga: Kilang Cilacap "lifting" perdana ekspor produk MFOLS

Menurut dia, pesatnya kemajuan teknologi informasi yang ditandai masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana. 

"Manfaatkan teknologi untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," katanya.
 
Dikaitkan dengan semangat Perwira dan Pertiwi Pertamina, Edy menyebutkan nilai-nilai Pancasila menjadi inspirasi untuk terus menjaga kedaulatan energi negeri. 

"Terlebih kita yang diamanahi Kilang Cilacap penopang 34 persen kebutuhan BBM Nasional dan 60 persen BBM di Pulau Jawa. Ini adalah sebuah kepercayaan yang harus dibayar dengan integritas dan dedikasi," jelasnya.

Ia mengatakan produk-produk Pertamina dinikmati masyarakat di seluruh penjuru nusantara, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. 

"Maka selaras dengan tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, Kilang Cilacap sebagai kilang terbesar dan paling strategis siap memberikan energi terbaik untuk bangsa," kata Edy dalam upacara yang diikuti seluruh jajaran manajemen beserta Perwira dan Pertiwi Kilang Cilacap.

Baca juga: Ini kontribusi Kilang Cilacap dalam momentum Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia
Baca juga: Napak tilas Menara Suar Nusakambangan, cara GM Kilang Cilacap isi libur panjang dengan bermakna
Baca juga: Mitra Binaan Kilang Cilacap Tampil di Expo Dekranas 2024

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024