Blora (ANTARA) - Sebagai wujud syukur atas karunia yang Tuhan berikan, Kelurahan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengadakan sedekah bumi pada Jumat (31/5/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di depan kantor Kelurahan Randublatung dibuka oleh tarian dari SMK PSM Randublatung diikuti oleh penampilan barongan dan arakan gunungan hasil panen dari perwakilan RT yang diarak sampai di daerah Boyang. Kegiatan dibuka Lurah Randublatung   Lasdi, S.Sos. 

Sedekah bumi berasal dari kata “sedekah” yang berarti memberikan atau memberi, dan “bumi” yang merujuk pada tanah atau alam.

Dalam praktiknya, sedekah bumi mengacu pada tindakan memberikan sebagian hasil pertanian atau kebun kepada orang-orang yang membutuhkan.

Praktik ini dilakukan dengan penuh kesadaran bahwa manusia hanyalah pengelola alam dan tidak memiliki hak mutlak atas apa yang tumbuh dari bumi.

Sedekah bumi juga merupakan wujud rasa syukur atas karunia alam yang diberikan oleh Tuhan, termasuk juga warga Randublatung dan sekitarnya.

Sedekah bumi ini diperingati setiap musim pascapanen raya sebagai ucapan syukur atas hasil panen yang warga dapatkan. Menurut masyarakat acara sedekah bumi ini juga memiliki tujuan agar mendapatkan keberkahan atas panen yang didapatkan dan kedepannya mendapatkan panen yang lebih berlimpah lagi.

Pada acara sedekah bumi kali ini SMK PSM tampilkan suatu tari tani masal hasil karya siswi SMK PSM Randublatung sebagai bentuk kontribusi dan bakti mereka pada kearifan lokal Randublatung.

Acara sedekah bumi ini dihadiri oleh Lurah Randublatung beserta perangkatnya dan seluruh warga desa Randublatung yang berjumlah ratusan warga. 

Acara sedekah bumi dimulai dengan tari gambyong dari siswi SMK PSM Randublatung sebagai pembuka acara kirab gunungan sedekah bumi Randublatung dilanjutkan tari tani masal hasil kreasi siswi SMK PSM Randublatung yang berkolaborasi dengan siswi SDN 2 Randublatung dan kemudian arak-arakan barongan dan gunungan hasil panen warga Randublatung.

“Dengan penampilan tarian siswa SMK PSM Randublatung dalam acara sedekah bumi ini diharapkan warga Randublatung dapat lebih yakin bahwa SMK PSM Randublatung pilihan yang tepat sebagai tempat mewadahi bakat anak dan mampu meningkatkan kreatifitas anak dalam berbagai kegiatan positif," ungkap Mulyono, S.Pd., Kepala Sekolah SMK PSM Randublatung.

Penampilan Tari Tani kali ini sebagai bukti bahwa siswa SMK PSM kreatif dan mampu berkreasi sesuai bakat mereka, selain itu juga sebagai ajang silaturahmi dan promosi kepada pihak luar untuk memperkenalkan SMK PSM Randublatung.

“Saya sangat mengapresiasi penampilan tarian masal dari siswi-siswi SMK PSM Randublatung kali ini, mereka mampu menciptakan tarian yang sesuai dengan acara sedekah bumi dan juga dapat berkolaborasi dengan siswa SD juga” Ungkap Bapak Ivan Nugroho Jati, ST selaku sekretaris lurah Randublatung.

Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. selaku Ketua YPI PSM Randublatung dan dosen KPI UIN Walisongo menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini dan SMK PSM turut serta meramaikan acara sedekah bumi. 

"Turut serta dalam acara sedekah bumi ini juga merupakan wujud dari moderasi beragama yaitu akomodatif terhadap tradisi dan budaya lokal. SMK PSM turut serta dengan menampilkan tari tani dalam sedekah bumi," pungkasnya

Acara berlangsung sangat meriah dan lancar tanpa kendala, siswa-siswi dapat menampilkan kemampuan mereka di depan seluruh warga desa Randublatung dan diharapkan SMK semakin dikenal masyarakat, maju dan sukses serta dapat mensukseskan Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024