Solo (ANTARA) - Transaksi penjualan produk kerajinan di acara Expo Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) sejak tanggal 15-18 Mei mencapai Rp4,3 miliar.

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang Kartasasmita pada penutupan acara Dekranas di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Sabtu petang mengatakan jumlah pengunjung yang datang selama pergerakan expo mencapai lebih dari 13.000 orang.

"Kami sangat gembira dengan hasil pameran selama empat hari ini," katanya.

Ia berharap acara tersebut memberikan inspirasi dan semangat baru untuk terus bekerja memajukan industri kerajinan di Indonesia.

"Mari bersama-sama menjaga warisan budaya, mengembangkan kreativitas, inovasi, dan memastikan produk lokal kita makin dikenal dan dihargai baik di dalam negeri maupun mancanegara," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku senang dengan antusiasme masyarakat selama pergelaran acara Dekranas.

"Baik, ramai. Perputaran uang luar biasa, terutama di booth-booth," katanya.

Ia mengatakan banyak pelaku usaha yang terlibat dalam acara tersebut.

"Hotel ramai, UMKM terlibat semua, seniman terlibat, yang kecil-kecil kayak ojol (ojek online), perias kepakai semua," katanya.

Beberapa tokoh yang terlihat hadir dalam acara tersebut, yakni Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian.

Sementara itu, pada penutupan diumumkan beberapa penghargaan untuk stan terbaik. Penutupan acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan kelompok musik Yovie & Nuno.

Baca juga: Dekranasda Kalbar tampilkan tenun dan anyaman pada Expo UMKM Solo

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024