Semarang (ANTARA) - Asuransi Astra turut menghadirkan Program Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra (Lentera) dengan mengangkat tema Cerdas Mengelola Keuangan, Bangun Masa Depan, di SMKN 2, Semarang (15/5). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Bulan Mei.

Program tersebut dimaksudkan untuk mendukung akselerasi pemerataan literasi keuangan yang harus mencapai 90 persen di tahun 2024. Pada tahun 2022, hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen atau sudah membaik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun masih perlu adanya peningkatan yang berkelanjutan. Berangkat dari hal tersebut, kata Account Manager Asuransi Astra Semarang Ikhsan Haryanto, guna mempercepat pencapaian angka literasi pada tahun ini, Program Lentera yang hadir di Semarang, dikhususkan bagi para pelajar yang juga merupakan salah satu sasaran prioritas kegiatan literasi dan inklusi keuangan yang direkomendasikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kegiatan literasi keuangan diberikan kepada para pelajar vokasi yang dianggap penting dalam memiliki pemahaman mengenai pengelolaan keuangan khususnya meminimalisir risiko yang merugikan, dengan fakta sebagian besar dari mereka akan terjun ke dunia kerja dalam waktu dekat, sehingga perlu adanya pembekalan mengenai cara mengelola keuangan dengan baik agar lebih bijak dalam mengambil keputusan terkait keuangan kelak.

Materi juga dilengkapi dengan tips hingga solusi manajemen keuangan dalam menyelesaikan kekhawatiran seperti pengalihan risiko dengan memberikan perlindungan diri, kesehatan, hingga aset pribadi sehingga mampu bertahan dan menghadapi risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Bertujuan untuk membekali siswa, kelas yang dihadirkan ini diharapkan dapat memicu kesadaran diri untuk mengeksplorasi sikap, keyakinan, dan perilaku unik mengenai keuangan.

“Tidak pernah terlalu muda untuk mendapatkan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan yang baik. Hal ini guna memicu mereka untuk dapat menata masa depan lebih baik lagi serta terhindar dari risiko yang merugikan. Harapannya setelah mendapatkan materi pengelolaan keuangan ini, para pelajar SMKN 2 Semarang dapat lebih mempersiapkan diri dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang baik di dunia yang semakin kompetitif,” kata Branch Head Asuransi Astra Semarang Yonatan Adhie Narendra.

Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra merupakan program literasi keuangan berkelanjutan yang diinisiasi oleh Asuransi Astra sejak tahun 2023 dan hadir di berbagai wilayah di Indonesia guna memberikan pemahaman pengelolaan keuangan dan membantu mencapai tujuan keuangan demi kehidupan yang lebih baik serta sejahtera sebagai penerus bangsa.


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024