Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan segera menggelar Festival Balon Udara UMP 2024 untuk kedua kalinya pada tanggal 26 Mei 2024 sebagai bagian dari perayaan Milad Ke-59 UMP.

Acara ini dijanjikan menghadirkan berbagai kegiatan menarik, termasuk penerbangan balon udara yang melibatkan 30 peserta dari Komunitas Balon Udara Wonosobo.

Ketua Panitia Festival Balon Udara UMP 2024 Wildan Aji Saputra, M.Pd. mengatakan selain penerbangan balon udara, festival ini juga akan menyelenggarakan lomba vlog bagi pengunjung dengan hadiah untuk juara 1, 2, dan 3.

"Festival ini juga akan diramaikan dengan Festival Kenthongan dan Festival Kuliner yang melibatkan pedagang Sunmor UMP,” katanya.

Baca juga: UMP-Bank Jateng Syariah gelar Festival Balon Udara di Banyumas

Kepala Biro Humas dan Protokoler UMP Irfan Fatkhurohman, M.Pd. mengatakan bahwa Festival Balon Udara UMP 2024 bertujuan menyediakan wadah bagi seniman balon udara untuk memamerkan karya mereka. 

Selain itu, kata dia, festival ini menjadi bukti bahwa UMP terus mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan acara-acara kekinian.

"Melalui festival balon udara ini, kami juga ingin memberikan peluang bagi pedagang Sunmor UMP dan UMKM untuk berdagang," ujarnya.

Irfan juga menjelaskan bahwa balon udara tradisional adalah bagian dari kesenian khas Indonesia, terutama di daerah seperti Wonosobo. 

Menurut dia, tradisi ini melibatkan keselarasan, keterampilan, kekompakan, dan bakat yang sangat positif untuk dilestarikan.

"Festival balon udara di UMP yang kedua ini memberikan warna baru bagi Purwokerto dan diselenggarakan oleh UMP," pungkasnya. (tgr)

Baca juga: Mendorong kualitas pendidikan melalui langkah revolusioner
Baca juga: Pelajar-mahasiswa Muhammadiyah Banyumas serukan aksi bela Palestina
Baca juga: Sentra Halal UMP gelar sosialisasi sertifikasi halal di Desa Wisata Kalisalak

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024