Semarang (ANTARA) - Perusahaan layanan bisnis digital transcosmos Indonesia (TCID) memadukan keunggulan sumber daya manusia (SDM) dengan teknologi terbaru untuk membantu memaksimalkan potensi sekaligus memperkuat efisiensi bisnis perusahaan, sehingga mampu meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience/CX).

"Kami percaya pengalaman pelanggan yang andal dapat menjadi fondasi dari kesuksesan bisnis. TCID memahami pentingnya integrasi teknologi dengan sumber daya manusia yang tepat untuk memastikan bahwa setiap interaksi dengan pelanggan tidak hanya berlangsung secara cepat dan efisien, tetapi juga terdapat analisis dan perencanaan melalui sentuhan manusia," kata Vice President Director transcosmos Indonesia Ardi Sudarto, di Semarang, Rabu (24/4/2024).

Apalagi laporan global dari Adobe di akhir tahun 2023, kata Ardi, perusahaan yang memprioritaskan pengalaman pelanggan bisa mendapatkan 23 persen pelanggan lebih banyak dibanding perusahaan lain dan hal itu menegaskan bahwa perusahaan semakin memprioritaskan pengalaman pelanggan dan strategi untuk memperkuatnya, menjadi semakin krusial karena menjadi kunci keberhasilan dalam mempertahankan daya saing mereka.

Transcosmos Indonesia merupakan penyedia layanan customer experience dan digital bisnis yang merupakan anak perusahaan dari transcosmos Inc., berpusat di Jepang, berdiri sejak tahun 1966 dan di Indonesia, berlokasi di Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta. TCID komitmen menghadirkan solusi inovatif yang menggabungkan teknologi terdepan dengan keahlian manusia yang andal. Sejumlah layanan fitur canggih yang digunakan seperti chatbot, talkbot, dan otomatisasi berbasis AI.

Dimas Aditama, General Manager CX Solution transcosmos Indonesia menjelaskan penggunaan chatbot dan talkbot, memungkinkan TCID memberikan respon lebih cepat dan efisien terhadap kebutuhan pelanggan serta dapat mengelola data pelanggan lebih efisien dibanding manusia yang memiliki keterbatasan.

Sementara otomatisasi AI, lanjut dia, dapat meningkatkan kualitas layanan dengan memprediksi kebutuhan pelanggan berdasarkan data historis. TCID juga menerapkan contact center inbound dan outbound yang meliputi beberapa layanan, inbound contact center berperan sebagai first layer support untuk setiap permintaan informasi yang masuk, menangani pelanggan yang mencari informasi, meminta bantuan, atau melaporkan masalah terkait produk atau layanan.

Sebaliknya, outbound contact center melibatkan agen yang proaktif menghubungi pelanggan atau calon pelanggan untuk tujuan seperti penjualan, pemasaran, atau survei kepuasan pelanggan. Dalam kesempatan tersebut Dimas memperdengarkan contoh dari keduanya.

Herlina Yunaidi, General Manager of Digital Marketing Division transcosmos Indonesia menambahkan pihaknya juga menyediakan solusi digital marketing secara holistik, mulai dari perencanaan dan pelaksanaan kampanye digital advertisement, produksi konten yang menarik, manajemen media sosial, website development, customer engagement platform, sampai layanan e-commerce.

"Layanan digital marketing kami terbukti mampu meningkatkan return on ad spend (ROAS) perusahaan e-commerce lebih dari sepuluh hingga 15 kali lipat dan yang menjadi pembeda kami dengan yang lain adalah kami memberikan pelayanan dari awal sampai akhir. Jika biasanya yang lain hanya promosi, kami sampai tahap layanan melakukan follow up customer sasaran melakukan pembelian," kata Herlina.

Sejumlah pelanggan dari TCID terdiri berbagai industri mulai dari telekomunikasi, FMCG, finance, otomotif, e-commerce, fintech, dan sebagainya. Mereka bisa merasakan dampak positif mulai dari peningkatan efisiensi operasional, pengurangan biaya, hingga peningkatan penjualan.

"Melalui pendekatan secara holistik dalam customer experience dan digital marketing, kami membantu perusahaan memenangkan hati pelanggan dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan," tutup Ardi.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024