Demak (ANTARA) - Kepolisian Resor Demak, Jawa Tengah, memastikan arus lalu lintas di Jalur Pantura Timur Demak selama arus milir hingga arus balik Lebaran 2024 tetap lancar, sedangkan kasus kecelakaan yang melibatkan pemudik juga nihil.

"Hingga hari ini (14/4), arus lalu lintas yang melintasi Jalan Pantura Demak lancar. Sedangkan hasil pantauan di lapangan memang ada lonjakan arus lalu lintas yang diperkirakan menjadi puncak arus balik Lebaran 2024," kata Kasat Lantas Polres Demak AKP Lingga Ramadhani di Demak, Minggu.

Ia mengungkapkan arus lalu lintas dari arah timur atau Pati dan sekitarnya menuju ke barat atau ke Semarang terlihat ramai lancar.

Kepadatan arus lalu lintas sejak awal arus milir, imbuh dia, memang sering kali terjadi di Jalan Sayung karena adanya banjir rob yang terjadi setiap sore hari antara pukul 16.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Selebihnya tidak ada genangan rob sehingga arus lalu lintas lancar.

Kelancaran arus lalu lintas selama arus milir hingga arus balik Lebaran, juga tidak terlepas dari persiapan jajaran Kepolisian bersama pihak terkait untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas-nya.

Dinas Perhubungan juga sudah memasang berbagai rambu penunjuk jalan, termasuk untuk jalur alternatif bagi pemilir yang hendak memanfaatkannya ketika jalur utama terjadi kepadatan.

Jalur utama cukup lancar dan tidak ada kemacetan, maka pemilir cukup melalui jalur utama dan tidak perlu melintasi jalur alternatif.

Polres Demak juga menyiapkan tiga posko terpadu serta empat posko penguatan atau strong point untuk membantu penyelesaian arus lalu lintas yang mengalami kepadatan, yakni di Kracaan, pintu keluar Tol Demak, Buyaran, dan Cangkring.

Untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas di dalam Kota Demak, maka arus lalu lintas dari arah Pati dan Demak, maka dialihkan ke jalur lingkar. Demikian halnya ketika di dalam kota terjadi kepadatan maka di Kracaan yang masuk ke Pasar Bintoro Demak juga ditutup untuk mengurai di dalam supaya satu arah.

Rekayasa lalu lintas di dalam kota tersebut, hanya diberlakukan pada jam-jam tertentu supaya bisa mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Terkait dengan kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama arus milir maupun arus balik Lebaran 2024 di jalur utama yang dilintasi pemudik hingga kini belum ada laporan. Sedangkan kasus kecelakaan di luar jalur utama, tercatat ada beberapa kasus dan tidak melibatkan pemudik.

Baca juga: Arus milir jalur selatan Jateng dialihkan melalui Purbalingga

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024