Boyolali (ANTARA) - Bupati Boyolali, Jawa Tengah, M Said Hidayat menekankan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tetap menjaga situasi kondusif dalam berbagai bidang di wilayah itu, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

"Hal yang paling penting adalah bagaimana cara menjaga kondusifitas dalam berbagai bidang di Kabupaten Boyolali dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri," katanya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda menyambut Lebaran 2024, di Boyolali, Rabu.

Menurut Bupati, salah satunya soal bagaimana menjaga ketahanan dan stabilitas harga pangan di wilayah Kabupaten Boyolali, dimana stok ketersediaan pangan sudah mencukupi meski ada beberapa harga yang masih di atas normal.

"Namun kami yang terpenting tetap menjaga kondusifitas, rasa aman, nyaman bagi masyarakat Boyolali, dan saudara-saudara kami yang akan mudik disambut dengan riang gembira dan rasa kekeluargaan yang harus dipertahankan," kata Bupati.

Sementara itu itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  Boyolali Arif Budi Nuranto mengatakan agenda rakor bertujuan untuk koordinasi dan antisipasi segala potensi permasalahan dan konflik yang mungkin timbul dalam menghadapi Lebaran 2024.

"Kami juga menjalin hubungan kemitraan yang harmonis dan sinergis antar-instansi dalam rangka menciptakan kondusifitas wilayah Kabupaten Boyolali," katanya.

Peserta Rakor  antara lain  unsur Forkopimda plus, Sekretaris Daerah (Sekda) beserta para Asisten Sekda Kabupaten Boyolali, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , dan para Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Kabag Operasional Polres Boyolali Kompol Parwanto mengatakan dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran akan dibangun sembilan pos pengamanan (pospam) yang berlokasi di beberapa titik di wilayah Kabupaten Boyolali.

Dia menjelaskan akan dibangun dua pospam di tol Rest Area A dan B, tiga pospam di pintu gerbang Tol Banyudono, pintu Tol Mojosongo dan pintu Tol Bandara Adi Soemarmo Boyolali. Kemudian pospam terpadu di area Monumen Susu Murni Boyolali, Kecamatan Ampel, di area simpang Bangak, Banyudono, dan di Kecamatan Karanggede.

Baca juga: Harga emas Antam terus meroket jelang Lebaran

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024