Semarang (ANTARA) - Mahasiswa USM Prita Febriani dan Yesa Tampubolon juara 1 "Best Topic" dan juara 1 "Speech Competition" pada USM International SDGs Student Competition (ISSCO) 2024, pada 2 April 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring dengan Zoom meeting itu diikuti 148 peserta dari 8 negara yakni Indonesia, Ghana, Kanada, Taiwan, Malaysia, Philiphine, China, dan Timor Leste.

Kegiatan menghadirkan tujuh juri, yaitu Ms Pearl Lette D Mauners MBS dari UM Digos College Philiphines, Dr Muhammad Junaidi SHI MH dari Universitas Semarang, Dr Hendi Pratama SPd MA dari Queensland University Australia, Albert SE MM PhD dari Yuntech University Taiwan, Faisal Yusuf dari USM International Committee Coordinator, Ayesha dari Master of London School of Public Relation, dan Alita Mislia dari Master of London School of Public Relation.

Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, selain best topic dan speech, kegiatan ini juga melombakan best paper, best visual, judges choice, committee choice, asia favorite, best English technique, best dresscode, dan best performance.
 
''Lomba ini adalah pertama kali yang diselenggarakan oleh bagian kemahasiwaan dan alumni USM. Setelah ini akan ada lagi beberapa lomba bertaraf internasional, seperti international movie script, international paper, dan international photography,'' ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada para peserta baik dari dalam negeri dan luar negeri. Dalam kesempatan itu, Junaidi juga menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa USM yang berhasil menjadi juara.

''Prestasi yang ditorehkan mahasiswa USM ini, membuktikan bahwa mahasiswa USM mampu bersaing dan berprestasi di tingkat internasional, khususnya di bidang akademik,'' tandasnya.

Hasil lomba adalah sebagai berikut: Yesa Tampubolon (Indonesia) juara 1 speech competition, Russel Jay Delos Santos Amoroso (Philiphine) juara 2 speech competition, Fi Ismatun Nisa (Indonesia) Juara 3 Speech Competition. Lenice Joy Orocio (Philipines) meraih The Best Speech Technique 1, Judge Choice 1 diraih oleh Muhammad Nuur Iqmal Bin Abu Bakar (Malaysia), Judges Choice 2 diraih oleh Sabrina Rahadatul Aisy (Indonesia), Prita Febriani (Indonesia) juara 1 ISSCO Topic, Miftakhul Nur Latifah Jamiah Langgeng Lestari (Indonesia) mendapatkan 2nd ISSCO Topic, Pauline Hapsari (Indonesia) mendapatkan The Best Paper 1, Brigitta Pungki Yuliashari (Indonesia) meraih The Best Paper 2, Fissilmi Salsabilla (Indonesia) mendapat The Best Visual 1, M Mico Nopriansyah (Indonesia) mendapatkan juara Committee Choice 1, sedangkan Matt McPherson mendapatkan juara 2 commite choice.

Asia Favorite diraih oleh Justine Joyce Tena dari Philiphines. The Best English Tehchnique 1 diraih Shen MinTzu (Taiwan), sedangkan The Best English Technique 2 diraih Akhtar Avatara (Indonesia).

Ni Kadek Riska Antari (Indonesia) berhasil mendapatkan the best dresscode, Moh Azzmier Roslie (Malaysia) meraih The Best Education Issue 1, dan Annisa Qoni’ Azzizah (Indonesia) berhasil meraih the best performance.***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024