Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tegal melakukan replikasi atas inovasi yang dibuat oleh Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I yaitu LOKAJATI.

Replikasi ini merupakan bagian dari tindak lanjut kerja sama Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah (OP4D) yang dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Tegal, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan.

Replikasi ini dilakukan untuk pertama kalinya pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kab.
Tegal. LOKAJATI sendiri merupakan inovasi dalam bentuk aplikasi yang memungkinkan
pendelegasian penugasan bagi aparatur sipil negara dari para pimpinan secara sistematik dan terdokumentasi. Saat ini, aplikasi ini telah dijalankan dan di aplikasikan pada Kanwil DJP Jawa Tengah I.

Dalam sambutannya pada kegiatan monitoring implementasi replikasi inovasi pada Bapenda Kab. Tegal, Pj. Bupati Tegal Agustyarsyah menyampaikan apresiasinya kepada DJP.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan DJP, terutama dalam rangka optimalisasi pajak daerah,” ungkapnya.
 

“Replikasi LOKAJATI ini kami harapkan nantinya dapat diterapkan di seluruh OPD pada Kab. Tegal.” pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Max Darmawan menyatakan bahwa dukungan ini akan terus dilanjutkan juga untuk inovasi lainnya. Pasalnya, replikasi inovasi ini juga digencarkan tidak hanya dalam rangka pelaksanaan OP4D melainkan juga untuk mendukung pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBBM) yang sedang dibangun pada Kanwil
DJP Jawa Tengah I.

“Kami mohon dukungannya, semoga kami dapat meraih predikat ini di tahun depan.” ungkap Max dalam sesi paparannya. Walhasil, dukungan pun diberikan oleh Pj. Bupati Tegal Agustyarsyah dan juga Kepala Bapenda Kab. Tegal Yosa Afandi. Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk video ucapan yang disampaikan kepada Kanwil DJP Jawa Tengah I.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tegal telah merencanakan berbagai program yang merupakan bagian dari pelaksanaan kerja sama OP4D. Salah satu program yang dilaksanakan adalah replikasi beberapa aplikasi yang dirasa dapat meningkatkan kinerja dari para aparatur daerah tersebut.

Diharapkan dengan adanya replikasi inovasi dan dukungan dari para pemangku kepentingan ini,
dapat meningkatkan profesionalitas Kanwil DJP Jawa Tengah I dalam bekerja, serta memberikan dampak positif dari kedua belah pihak.
***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024