Semarang (ANTARA) - Peran susu sebagai sumber protein hewani semakin dibutuhkan untuk memastikan tumbuh kembang anak optimal, karena saat ini masih ada persoalan stunting yang harus segera dituntaskan, dimana yang dibutuhkan adalah pemenuhan kebutuhan protein hewani anak. 

Hal itu dikemukakan Dokter Anak Agnes Tri Harjaningrum, Sp.A dalam program Klik Indonesia pagi, pada Selasa (12/3) yang dalam kesempatan tersebut menjelaskan kondisi gagal tumbuh pada anak seringkali karena kekurangan asupan protein hewani, yang salah satunya dapat dipenuhi melalui konsumsi susu. 

“Susu itu memang sangat banyak manfaatnya, kayak one stop shopping. Kelebihannya itu, namun bukan hanya tentang kuantitas asupan makanan, tetapi juga mengenai kualitasnya dan bagaimana anak-anak diberi pengajaran tentang pola makan yang sehat," kata dokter anak RS Permata Depok ini.

Agnes mengingatkan pentingnya mengembangkan skill makan pada anak, karena meskipun memberikan susu sebagai minuman bergizi, anak juga perlu diajari untuk makan makanan padat yang seimbang.

"Dalam menangani stunting, pengawasan khusus terhadap pola makan anak menjadi hal yang penting," kata Agnes.
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024