Jepara (ANTARA) - Lima bahan pokok komoditas pangan yang dijual dalam rangka pasar murah menyambut bulan puasa yang digelar Polres Jepara, Jawa Tengah, menjadi rebutan warga setempat, Kamis.

Kelima komoditas tersebut yang sangat diminati masyarakat tersebut, yakni beras, telur, minyak goreng, tepung, dan mi. Sementara itu, harga jual beras hanya Rp53 ribu per 5 kilogram, telur per 12 butir dijual Rp10 ribu, minyak goreng dijual Rp10 ribu/liter, tepung dijual Rp5.000,00/kg, dan mi dijual Rp10 ribuper paket isi 10 bungkus.

"Untuk komoditas beras, kami siapkan 400 bungkus setiap bungkus berisi 5 kg beras, telur 400 paket, minyak goreng 600 botol, tepung 300 bungkus, dan mi instansi 300 paket," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan usai membuka Gebyar Ramadhan di Mapolres Jepara, Kamis.

Semua komoditas tersebut, kata dia, dijual serba Rp10 ribu. Selain itu, pihaknya menyediakan 500 paket sembako yang bisa dibeli dengan harga relatif cukup murah, yakni Rp25 ribu. Warga bisa mendapatkan satu paket berisi beras kemasan 2,5 kg, gula 1 kg, dan mi instan 5 bungkus.

Dengan adanya pasar murah tersebut, dia berharap bisa membantu menstabilkan harga sembako agar masyarakat sekitar Polres Jepara mendapatkan sembako dengan harga murah dan terjangkau.

"Kegiatan tersebut juga salah satu upaya untuk menjamin ketersediaan bahan pokok masyarakat di Kabupaten Jepara," ujarnya.

Polres Jepara juga menggelar bakti sosial, bakti kesehatan, lomba dai cilik, hingga lomba qiroati untuk menyambut bulan puasa 1445 Hijriah.

Animo masyarakat untuk bisa membeli kebutuhan sembako, kata dia, relatif cukup tinggi karena acara pasar murah yang baru dibuka pukul 08.00 WIB sudah diserbu masyarakat.

Sigit Pramono dari Kelurahan Saripan, Kecamatan Jepara Kota, mengaku sangat terbantu adanya pasar sembako murah yang digelar Polres Jepara ini.

"Harapannya kegiatan ini terus berlanjut, apalagi dengan kondisi sekarang ini yang memang harga kebutuhan pokok mulai melambung tinggi," ujarnya.

Apalagi, kata dia, komoditas yang disediakan memang bisa dibeli dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan harga jual di pasaran.

Baca juga: Pasar Murah Kodam IV/Diponegoro sediakan 1.000 paket sembako

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024