Purwokerto (ANTARA) - Koordinator Program Studi (Prodi) S1 Statistika Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Agung Prabowo, S.Si., M.Si mengatakan statistika merupakan bidang keilmuan yang banyak dibutuhkan di berbagai bidang keilmuan lainnya juga industri-domestik. 

"Pendirian Prodi S1 Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unsoed ini didasarkan pada besarnya prospek lulusan disertai dengan kesiapan bahan riset penelitian di bidang statistika dan pakar ahli di bidangnya," katanya.

Ia mengatakan statistika yang dipelajari bukan hanya statistika tradisional, tetapi mengikuti perkembangan zaman, yakni terdapat penggabungan antarstatistika dengan unsur bidang keilmuan lain seperti biomedis juga akan dipelajari. 

"Statistika ini berbeda dengan ilmu statistik, yang mana dalam prodi S1 Statistika ini nantinya akan fokus pada tiga pengemasan, yakni biomedis, akturia medis, dan data medis," jelasnya. 

Baca juga: Prodi S1 Teknik Komputer Unsoed jawab tuntutan pasar yang makin kompleks

Lebih lanjut, Agung mengatakan calon mahasiswa baru tidak perlu ragu untuk berkembang bersama dalam Prodi S1 Statistika Unsoed

Meskipun masih terbilang baru, kata dia, para lulusan prodi tersebut nantinya selain mendapat ijazah dan transkrip nilai, juga akan dibekali sertifikasi kompetensi.

"Minimalnya satu dari sertifikasi profesi pilihan yang nantinya dapat digunakan sebagai bekal masuk ke dalam profesi impian. Sertifikasi yang ditawarkan diantaranya ada di bidang aktuaria, asuransi kesehatan atau di bidang sains datanya," katanya.

Ia mengatakan komitmen Unsoed dalam menyiapkan berdirinya prodi ini dibuktikan dengan telah siapnya kurikulum, tenaga pengajar yang ahli, begitupun mitra kerja sama dan rencana persiapan untuk pendampingan ujian sertifikasi mahasiswa juga telah disiapkan.

"Ditambah lagi dari segi fasilitas telah disiapkan bangunan ruang kuliah dan praktikum, serta laboratorium yang baru saja diresmikan untuk mendukung kegiatan perkuliahan yang kondusif bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilannya," kata Agung.

Baca juga: Prodi S1 Mikrobiologi Unsoed kembangkan keterampilan praktis dan riset
Baca juga: Unsoed Purwokerto resmikan Program Studi S1 Proteksi Tanaman
Baca juga: Unsoed Purwokerto buka Prodi S1 Teknik Mesin mulai tahun akademik 2024

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024