Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Batang, Jawa Tengah, berharap tingkat partisipasi pemilih di Pemilu 2024 mampu menembus 80 persen.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Rabu, mengatakan bahwa berdasar hasil pantauan di beberapa tempat pemungutan suara hingga sekitar pukul 11.00 WIB sudah ada sekitar 50 persen pemilih menggunakan hak pilih.

"Oleh karena itu, kami berharap tingkat partisipasi pemilih hingga pencoblosan ditutup bisa mencapai 80 persen, syukur bisa lebih," katanya.

Menurut dia, cukup sulit untuk menembus partisipasi pemilih hingga 100 persen karena kemungkinan masih adanya pemilih yang berada di luar kota dan faktor lainnya.

Pada kegiatan pantauan pelaksanaan Pemilu 2024 di beberapa tempat pemungutan suara, Rabu (14/2) Lani Dwi Rejeki bersama KPU, dan Bawaslu berkunjung ke TPS 1 Desa Brayo, Kecamatan Wonotunggal, TPS 4 Desa Cepokokuning, dan TPS 32 Kelurahan Karangasem Utara, Kecamatan Batang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Susanto Waluyo mengatakan pada tahapan pencoblosan atau pemungutan suara masih berjalan lancar dan aman.

"Belum ada kendala untuk kegiatan pemungutan suara. Kami berharap nantinya kegiatan ini bisa lancar hingga penghitungan suara selesai," katanya.

Sementara itu, untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Watesalit, Kecamatan Batang menggunakan daster hingga hias di TPS 12 yang berkonsep warung pecel lele.

Dari depan gerbang, pemilih akan disambut dengan adanya spanduk bertuliskan "Selamat Datang Khas Warung Pecel Lele".

Saat memasuki area tempat pemungutan suara, terdapat perkakas dapur semacam panci, teflon, wajan, dan aneka prabot lainnya menghiasai langit-langit TPS.

Tak hanya dekorasinya yang mencuri perhatian, penampilan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ini pun turut menghibur para pemilih.

Baik anggota perempuan dan laki-laki, menggunakan kaos panjang hitam dengan luaran berupa pakaian daster singlet seperti ibu-ibu.

Daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Batang sebanyak 619.689 orang.

Baca juga: 71 tahanan Polda Jateng peroleh kesempatan mencoblos Pemilu 2024
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024