Temanggung (ANTARA) - Sebanyak 171 warga binaan dan sejumlah pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Temanggung, Jawa Tengah menggunakan hak suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 901 di rutan tersebut.

"Pada hari ini tanggal 14 Februari tahun 2024 kami di Rutan kelas II b Temanggung juga mengadakan pemilihan umum terdiri  171 ada di DPT maupun DPTB yang terdaftar di TPS 901 TPS khusus Rutan Temanggung," kata Kepala Rutan Temanggung Andry Lesmanu di Temanggung, Rabu.

Ia menyampaikan setiap warga binaan walaupun di dalam rutan masih berhak dalam menentukan hak politik dengan melakukan pencoblosan.

"DPT itu bagi warga Temanggung di sini, sedangkan yang berada di dalam ini banyak juga dari luar Kabupaten Temanggung sehingga beraneka ragam juga hanya yang bisa milih presiden dan ada yang dapat presiden dan DPD, maupun ada yang bisa lengkap," katanya.

Ia menyampaikan karena sekarang tanggal 14 Februari 2024 bertepatan dengan hari kasih sayang atau Valentine Day, maka panitia pemungutan suara menyesuaikan dengan tema hari ini dengan tema kasih suara. Maka seragam panitia atau asesoris yang digunakan serba warna pink.

Ia mengatakan di lapas atau rutan tidak diperkenankan calon legislatif untuk melakukan kampanye, jadi semua warga binaan di sini di depan kamar ada televisinya, mereka hanya bisa melihat di debat capres maupun cawapres.

"Untuk legislatif tidak diperkenankan untuk berkampanye di dalam rutan maupun lapas di seluruh Indonesia. KPU pernah melakukan sosialisasi beserta dengan Bawaslu kepada teman-teman warga binaan di sini," katanya.

Baca juga: Rutan Pekalongan pastikan 277 WBP gunakan hak pilih

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024