Jepara (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, siap mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke semua kecamatan di wilayah setempat, menyusul selesainya proses pengemasan logistik pemilu ke kotak suara.
 
"Pendistribusian awal, yakni pada 3 Februari 2024 ke Kecamatan Karimunjawa karena mempertimbangkan cuaca laut. Sedangkan pada saat itu, transportasi laut masih beroperasi karena kondisi gelombang laut cukup aman," kata Anggota KPU Kabupaten Jepara Muhammadun di Jepara, Rabu.
 
Untuk kecamatan lainnya, kata dia, dimulai tanggal 8 Februari 2024 dan maksimal 10 Februari 2024 sudah sampai di kecamatan yang paling jauh.
 
Ia mengungkapkan pada tanggal 8 Februari 2024, pendistribusian logistik pemilu menuju Kecamatan Donorojo, Keling, Kembang, Nalumsari, Mayong, dan Welahan. Kemudian, Jumat (9/2) dikirim ke Kecamatan Mlonggo, Bangsri, Pakis Aji, Pecangaan, Kalinyamatan, dan Batealit. Sedangkan untuk Kecamatan Jepara, Kedung, dan Tahunan dikirim pada 10 Februari 2024.
 
Ia mengungkapkan pengiriman logistik dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di semua desa/kelurahan dilaksanakan pada 11-12 Februari 2024. Dari desa/kelurahan ke TPS dijadwalkan serentak pada 13 Februari 2024 atau sehari sebelum pemungutan suara berlangsung.
 
"Khusus Karimunjawa, tanggal 8 Februari dijadwalkan pengiriman dari kecamatan ke desa," ujarnya.
 
Terkait jadwal pendistribusian tersebut, kata dia, KPU Jepara juga sudah menyampaikan ke PPK dan PPS, termasuk mengenai standar yang harus dilakukan, seperti koordinasi dengan Polsek dan Panwascam setempat.
 
Standar lain adalah semua pengiriman logistik dari KPU ke kecamatan maupun dari kecamatan ke desa/kelurahan, serta dari desa/kelurahan sampai ke TPS menggunakan truk dengan bak tertutup. Hal itu untuk mengantisipasi hujan, sedangkan untuk pengiriman logistik dari gudang kecamatan Karimunjawa ke desa-desa/kepulauan berpenghuni menggunakan mobil bak tertutup dan kapal motor dengan spesifikasi paling aman.
 
"Untuk karimunjawa, selain potensi hujan, juga gelombang laut tinggi di musim baratan. Kami harus mengirim ke Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting dengan kapal motor, sedangkan ke Desa Kemujan menggunakan mobil pickup bak tertutup," ujarnya.
 
Di Kecamatan Karimunjawa terdapat 7.517 pemilih dengan 32 TPS, tersebar di empat desa, yakni Desa Karimunjawa, Kemujan, Parang, dan Nyamuk. Sedangkan kebutuhan logistik untuk semua kecamatan di Jepara ada 17.450 kotak suara, 13.960 bilik suara, 3.490 plastik sedang berisi berbagai keperluan di TPS, dan 479 boks kontainer.
 
Selain distribusi logistik, pekan ini Panitia Pemungutan Suara (PPS) mendampingi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mematangkan persiapan teknis penyelenggaraan pemilu di TPS. PPK bersama PPS telah memberikan bimbingan teknis kepada 24.430 KPPS di semua TPS di Kabupaten Jepara pada 26-28 Februari 2024.

Baca juga: Polres gandeng KPU Boyolali berikan pembekalan personel pengamanan TPS

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024