Jakarta (ANTARA) - Tim juara bertahan sekaligus tuan rumah Qatar  bakal menghadapi Yordania di pantai final Piala Asia 2023.
 
Lolosnya Qatar ke final terjadi setelah mereka menang 3-2 atas Iran dalam laga semifinal di Stadion Al Thumama pada Rabu (7/2) malam WIB.
 
Iran unggul cepat pada menit ke-4 lewat Sardar Azmoun. 
 
Keunggulan Iran hanya bertahan sampai menit ke-17. Jassem Gaber menuntaskan umpan tarik Akram Afif dengan tembakan jarak jauh. 
 
Pada menit ke-43, Qatar berbalik unggul. Aksi tusukan ke dalam (cut inside) Afif dari sisi kiri dituntaskan dengan tembakannya ke sudut kanan gawang Iran yang gagal diselamatkan Beiranvand. 
 
Iran memulai babak kedua dengan buruk setelah mereka mendapatkan hukuman penalti pada menit ke-49 karena Ahmed Fathi melakukan handball di kotak terlarang. Alireza Jahanbakhsh maju sebagai eksekutor dan berhasil menaklukkan Barsham untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Qatar akhirnya berhasil mencetak gol ketiga menjelang akhir pertandingan atau menit ke-82. Tendangan jarak jauh Abdel Aziz Hatem mendarat di kaki Almoez yang berada di kotak penalti. Almoez tidak menyia-nyiakan peluang itu dan melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Iran tanpa mampu dihalau Beiranvand.
  

Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024