Semarang (ANTARA) - Mahasiswi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Selvi Novita berkesempatan mewakili Indonesia mempromosikan produk-produk pertanian di Tokyo, Jepang.

Forum internasional yang berlangsung pada 31 Desember 2023 sampai 9 Januari 2024 itu dihadiri delegasi berbagai negara, seperti Belanda, Amerika, Australia, India, Nepal, dan China.

Setiap negara mendelegasikan 10 peserta, dan setiap peserta membawa minimal 3-5 produk untuk dipaparkan dalam forum internasional yang bersifat kompetisi tersebut.

Selvi, dalam pernyataan di Semarang, Senin, menyampaikan bahwa produk yang dipaparkannya adalah hasil pertanian, seperti jagung, jahe, dan bawang merah.

Para perwakilan Indonesia memaparkan hasil produk yang bernilai jual tinggi agar para petani Indonesia mampu menambah penghasilan dari hasil bumi.

Di Indonesia, kata mahasiswi Program Studi S1 Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula itu, jagung, jahe, dan bawang merah tumbuh subur dan melimpah, tapi petani masih susah dalam menjual atau memasarkan hasil buminya.

"Kami mempresentasikan hasil bumi Indonesia ke forum ini agar para perwakilan negara mengerti dan memahami betapa besarnya hasil bumi dari negara kami agar memiliki prioritas dalam ekspor serta difasilitasi untuk 'go international'," katanya.

Lebih jauh, ia berharap agar produk pertanian unggulan Indonesia bisa lebih dikenal dan diminati oleh pasar internasional melalui kegiatan tersebut.

"Kami berharap dengan adanya acara ini, produk-produk pertanian Indonesia dapat lebih dikenal dan diminati oleh pasar internasional. Mampu mendorong ekspor produk pertanian sehingga petani bisa lebih sejahtera," katanya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024