Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara pemilihan calon legislator tingkat pusat yang kemudian dilanjutkan kegiatan yang sama tingkat Dewan Perwakilan Daerah yang ditargetkan selesai 24 Januari 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Susanto Waluyo di Batang, Sabtu, mengatakan bahwa pada kegiatan penyortiran dan pelipatan 633.361 surat suara pemilihan legislator itu, pihaknya melibatkan 250 orang yang sebelumnya telah mendapat arahan teknis.

"Jadi, selama mereka melakukan sortir dan pelipatan sudah bisa mengetahui mana saja surat suara yang layak dan mana yang tidak dapat digunakan," katanya.

Menurut dia, selama penyortiran dan pelipatan, petugas KPU menemukan sejumlah surat suara yang rusak seperti terkena tinta dan sobek.

"Rata-rata rusak karena ada noda tinta sehingga petugas langsung memisahkan surat yang tidak dapat digunakan itu," katanya.

Saat ini pihak KPU belum menghitung secara menyeluruh terhadap kerusakan surat suara pemilihan calon legislator tingkat kabupaten itu karena masih dalam tahap penyortiran.

Namun setelah selesai, KPU akan melakukan rekapitulasi untuk selanjutnya dilaporkan pada pihak Komisi Pemilihan Umum Jateng.

"Saat ini surat suara yang disortir yakni DPR RI sebanyak 633.361 lembar. Kemudian, setelah selesai, kami lanjutkan penyortiran surat suara yang lain seperti DPRD maupun Dewan Perwakilan Daerah," katanya.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Badan pengawas Pemilu Kabupaten Batang Farikhin mengatakan selama pemantauan proses penyortiran surat suara ada ketidaksesuaian dari jumlah keseluruhan 500 lembar di setiap kardus.

"Hampir surat suara yang dilipat hari ini tertulis 500 lembar namun tapi jumlahnya ada yang kurang bahkan ada yang lebih," katanya.

Baca juga: KPU Kudus mulai lipat surat suara
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024