Semarang (ANTARA) - PT PLN (Persero) sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia, berkolaborasi bersama Kementerian BUMN untuk menggaungkan semangat transformasi melalui digitalisasi kepada siswa SMA Negeri 1 Magelang (12/1).

Program bertajuk “Gen-Z Talent Activation” yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini menyasar Gen-Z yaitu sebagian besar siswa dan tenaga pengajar.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, dalam kunjungannya menyampaikan Menteri BUMN Erick Thohir selalu mendorong gen Z untuk optimal dalam mengembangkan diri di era digital. Generasi Z tumbuh di era digitalisasi dan penting memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap teknologi. 

“Literasi digital sangat penting bagi gen Z karena informasi yang masuk sangat banyak dan kita harus bisa memilah informasi mana yang benar dan yang tidak sehingga bisa tercipta generasi- generasi cerdas digital” jelas Arya.

PLN yang turut menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menggaungkan pesan bahwa digitalisasi menjadi tak terpisahkan dari PLN dengan menjadikan sebagai  salah satu dari semangat transformasi PLN. 

Melalui semangat digitalisasi tersebut PLN menghadirkan salah satu produk andalannya yaitu super-apps PLN Mobile.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang ditemui pada kesempatan berbeda mengatakan siswa didik yang melek teknologi harus mendownload aplikasi besutan perusahaannya ini.

“Adik-adik Gen-Z yang melek teknologi dan digitalisasi harusnya bisa membantu keluarganya terutama jika terdapat permasalahan kelistrikan. Melalui aplikasi PLN Mobile ini adik-adik dan seluruh masyarakat dapat mengakses hampir seluruh layanan PLN dalam satu genggaman tangan dari rumah/tempat masing-masing tanpa perlu repot ke kantor PLN dan tidak terpotong pulsa saat menelepon,” jelasnya.

Lebih lanjut Soffin menambahkan laporan gangguan, pasang baru, tambah daya, beli token/bayar tagihan, sambung pesta, sampai cek lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk kemudahan penggunaan electric vehicle (EV) dan layanan lain pun bisa dilakukan di aplikasi ini.

Kepala Sekolah SMAN 1 Magelang, menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mempercayai SMAN 1 Magelang untuk penyelenggaraan Gen-Z Talent Activation karena ini merupakan kesempatan yg luar biasa bagi anak-anak untuk bisa mendapatkan ilmu pengetahuan terkait pentingnya digitalisasi dan informasi terkait BUMN. 

BUMN PLN, Telkomsel, Biofarma, Phapros, dan Jasa Raharja  bersama dengan Kementerian BUMN juga memberikan bantuan kepada sepuluh pelajar SMAN 1 Magelang yang berprestasi. Harapannya bantuan ini dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

Turut hadir jajaran pimpinan Telkomsel, Bambang Setiawan, Manager Household Consumer Branch, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Magelang, Imbar Susanto, Corcomm Biofarma, M. Adi Levy serta Produk Manager PT Phapros, Megha. ***

Pewarta : Nur Istibaaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024