Solo (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengajak mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendukung pengurangan emisi yang selaras dengan program pemerintah.

"Kami mendukung program green campus di mana berupaya untuk mengurangi emisi atau pencemaran udara," kata Pimpinan BRI Sudirman Surakarta Mustofa Adi Saputra setelah penyerahan sepeda untuk mahasiswa di Kampus UNS di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Bahkan, katanya, saat ini BRI juga sudah mulai menggunakan mobil listrik.

Hal itu, menurut dia, selaras dengan misi yang dicanangkan oleh pemerintah bahwa masyarakat harus mulai peduli terhadap keberlangsungan lingkungan hidup.

Oleh karena itu, dia mengharapkan, sepeda yang diberikan tersebut bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk berkegiatan di kampus sehingga dapat mengurangi pencemaran polusi udara di lingkungan kampus.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS Surakarta Ahmad Yunus mengatakan pemberian sepeda tersebut salah satunya untuk mendukung gerakan kampus dalam mengurangi emisi.

"Edukasi bertahap ini menyadarkan, ini lho dengan transportasi sepeda bisa mengurangi emisi," katanya.

Selain bersepeda, diharapkan para mahasiswa juga gemar berjalan kaki di lingkungan kampus.

"Lingkungan kita kan sehat sekali, tidak banyak polusi. Untuk jalan kaki dan sepedaan enak sekali," katanya.

Pada kesempatan tersebut, BRI menyerahkan 13 sepeda kepada para mahasiswa yang memenangkan undian dari BRI. Undian ini diikuti oleh mahasiswa yang rutin membayarkan uang kuliah tunggal (UKT) dan sumbangan pengembangan institusi (SPI) melalui BRI.

Rektor UNS Jamal Wiwoho berharap, mahasiswa bisa memanfaatkan sepeda tersebut sebagai alat transportasi saat berkuliah.

"Harapannya tahun depan jumlahnya lebih banyak lagi untuk mahasiswa," katanya.

Baca juga: Praktisi kesehatan UNS sebut imunisasi cegah serangan polio

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024