Semarang (ANTARA) - Sembilan petugas Contact Center PLN 123 Site Semarang menerima penghargaan bergengsi bertaraf nasional dan internasional, yaitu "Contact Center Asia Pasific Awards 2023" dan "The Best Contact Center Indonesia".

Putri Indah Sari (Indah) dan Lily Fiani Catur (Lily) merupakan dua dari sembilan penggawa Contact Center PLN 123 Site Semarang yang menerima penghargaan tersebut.

Indah memenangi penghargaan medali emas dalam ajang "Contact Center Asia Pasific Awards 2023" dengan kategori Contact Center Operations, sedangkan Lily meraih penghargaan Medali Platinum dalam ajang "The Best Contact Center Indonesia 2023" dengan kategori "The Best Agent Disabilitas".

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Mochamad Soffin Hadi menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas kemenangan ini.

"Alhamdulillah agent contact center kami di PLN 123 mendapatkan penghargaan yang luar biasa, berikan layanan terbaik dan diakui baik di tingkat Indonesia maupun Asia Pasifik. Kami mengucapkan selamat untuk semua pemenang," ucap Soffin.


Cerita Indah, World Class Service Contact Center dari Kota Keripik Purwokerto

Indah begitu ia akrab disapa, berangkat dari kota kelahirannya di Purwokerto untuk bekerja sebagai agent CC PLN sekitar 12 tahun silam. Kala itu ia ditugaskan pertama kali sebagai agent contact center di Site Semarang.

Dari pengalamannya yang matang tersebut, tentunya disertai dengan kerja keras dan semangat pembelajar ia berhasil menang dalam ajang kelas dunia Contact Center Asia Pasific Awards 2023.

Dibalik kesuksesannya, Indah yang saat ini menjabat sebagai Head of Contact Center Voice punya cerita unik dimana ia kerap mendadak rindu kampung halaman ketika menerima aduan/telepon dari pelanggan yang berbahasa ngapak.

"Paling seru kalau ada pelanggan di telepon yang berbicara ngapak, jadi kangen kampung halaman. Apalagi kalau ternyata si penelepon itu masih keluarga/tetangga satu desa. Saya tahu dan kenal dengan penelepon tersebut namun tentu saya harus menahan ngomong ngapak juga karena harus mematuhi standard operational procedure (SOP) sebagai seorang contact center, itu yang berat, hahaha," ungkapnya penuh tawa.


Rasa syukur Lily yang senantiasa berikan layanan tanpa adanya keterbatasan

Salah satu pemenang penghargaan The Best Contact Center Indonesia adalah Lily Fiani Catur. Wanita periang yang akrab disapa Lily ini merupakan penyandang disabilitas yaitu tunadaksa. Ia baru bergabung bersama tim CC PLN 123 pada tahun 2021.

Meskipun baru bergabung kurang dari 3 tahun lalu melalui jejaring "Thisable Enterprise", ia memiliki kemauan yang sangat kuat untuk belajar dan meningkatkan kemampuan diri. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang ia raih dalam waktu singkat.

"Tahun lalu (2022) saya mengikuti kompetisi yang sama namun memang belum beruntung, tahun ini saya berusaha lebih keras dan menjadi epic comeback pencapaian bagi diri saya. Alhamdulillah puji syukur sekali tahun ini bisa mendapat Platinum Medal," tutur Lily dengan senyum berbinar.

Sekilas mengenai profesi petugas layanan contact center/ CC PLN ini, merupakan petugas yang bertanggung jawab menerima dan memandu penanganan keluhan maupun memberikan informasi seputar kelistrikan kepada pelanggan atau konsumen. Petugas CC PLN merupakan garda terdepan pelayanan PT PLN (Persero) kepada masyarakat yang bekerja dengan sistem shift dan selalu on duty dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa adanya hari libur/berhenti beroperasi. ***;

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024