Semarang (ANTARA) - Klinik Kesehatan Yellow Clinic yang diinisiasi Partai Golkar siap menambah jumlah kendaraan penjernih air yang bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat mengatasi krisis air bersih saat terjadi bencana alam banjir pada musim hujan.

“Yellow Clinic siap menambah unit kendaraan penjernih air sesuai dengan kebutuhan,” kata Ketua Yellow Clinic Pusat Jacobus Dwihartanto di Semarang, Kamis.

Ia mengungkapkan, saat ini pihaknya memiliki enam unit kendaraan penjernih air yang disiagakan di sejumlah lokasi sesuai dengan potensi kebencanaannya.

Untuk sementara, lanjut dia, keenam kendaraan penjernih air disiagakan di Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Menurut dia, hal tersebut merupakan komitmen Yellow Clinic dalam membantu masyarakat, khususnya meminimalkan dampak bencana banjir yang berpotensi terjadi saat musim hujan.

“Mesin penjernih air ini menyatu dengan kendaraan sehingga memudahkan untuk digunakan secara mobilitas,” ujar Om Jack, sapaan akrabnya.

Melalui metode pengolahan tertentu, mesin penjernih ini berfungsi mengubah air kotor atau air limpahan banjir menjadi air bersih atau layak pakai.

Baca juga: Yellow Clinic Semarang gelar pengobatan gratis

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024