Solo (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta berupaya memastikan kelaikan transportasi umum jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Bidang Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Surakarta Henry Satya di Solo, Jawa Tengah, Rabu mengatakan rampcheck (pemeriksaan teknis dan administrasi) dilakukan ke sejumlah garasi Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Kota Solo.

Ia mengatakan cek kelaikan kendaraan umum tersebut dilakukan bersama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jawa Tengah dan Satlantas Polresta Surakarta. Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin jelang periode Natal dan Tahun Baru 2024.

Untuk pengecekan mulai dari kelengkapan fisik hingga administrasi setiap armada yang ada di PO.

"Mulai dari kelengkapan surat izin yang diperlukan seperti SIM, STNK pengemudi, izin trayek, dan sejenisnya. Setelah itu juga mengecek bagian mesin, rem, ban, lampu, hingga keberadaan sejumlah alat kedaruratan seperti APAR dan pemecah kaca darurat," katanya.

Ia mengatakan ramcek dilakukan di sejumlah lokasi, di antaranya PO Rosalia Indah dan PO Mata Trans. Dari ramcek tersebut diperoleh hasil seluruh armada yang ada di garasi laik jalan.

"Kami juga pasangi stiker Keselamatan LLAJ. Kami juga menekankan agar setiap armada yang akan berangkat dilakukan pengecekan ulang," katanya.

Selain dari sisi kendaraan, pihaknya juga berupaya memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi penumpang dengan memastikan petugas armada dalam kondisi sehat sebelum melayani penumpang.

Selain itu, dikatakannya, pihak PO harus mematuhi batas maksimum jam kerja sopir, yakni istirahat setelah delapan jam berkendara.

"Boleh istirahat di rest area atau dengan menyiapkan sopir cadangan," katanya.

Baca juga: Kota Magelang kondusif jelang Natal dan tahun baru

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024