Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz memastikan daerah setempat kondusif menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, baik menyangkut kebutuhan pokok masyarakat, sarana dan prasarana, kesehatan, serta keamanan.

"Mudah-mudahan masih aman, kita koordinasi seluruh stakeholder (pemangku kepentingan), organisasi perangkat daerah (OPD), forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah), mudahan bisa menyelanggarakan pengamanan, menjaga Kota Magelang, tidak terjadi perubahan signifikan," katanya dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Kamis.

Ia mengatakan hal itu setelah kegiatan "High Level Meeting Forkopimda Menjelang Nataru (Natal dan tahun baru) 2023 di Aula Adipura Kencana Pemkot Magelang, Selasa (12/12).

Dia memastikan bahan pangan mencukupi kebutuhan masyarakat dengan harga stabil.

"Ketersediaan bahan pangan cukup, hanya kebutuhan seperti telur yang ada kenaikan agak menonjol. Tapi semuanya aman," katanya.

Ia mengingatkan masyarakat tetap menjaga kesehatan sebab akhir-akhir ini terdapat informasi kenaikan kasus COVID-19 di beberapa negara dan wilayah di Indonesia.

"Sejauh ini kasus COVID-19 di Kota Magelang zero, dan mudah-mudahan zero terus," katanya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Magelang Chrisatrya Yonas Nusantrawan Bolla menjelaskan fokus kesiapan pemerintah daerah dalam menghadapi Natal dan tahun baru, yakni bahan kebutuhan pokok, sarana dan prasarana, kesehatan, keamanan dan siaga bencana.

Barang kebutuhan pokok masyarakat selama periode September-November 2023 ada kenaikan harga rata-rata komoditas telur ayam Rp26.000 per kilogram, cabai Rp84.000-Rp95.000 per kilogram, bawang merah Rp30.000 per kilogram.

"Sedangkan data Bulog Cabang Magelang menunjukan bahwa stok komoditas bahan pokok pada posisi cukup aman dan siap apabila diperlukan melaksanakan operasi pasar," katanya.

Stok bahan bakar minyak (BBM) di lima SPBU Kota Magelang dan elpiji secara umum mencukupi.

Sarana bidang perdagangan, di antaranya Pasar Rejowinangun, Pasar Gotong Royong, dan Pasar Kebon Polo. 

Pemkot Magelang telah menyiapkan petugas keamanan yang ada harus selalu aktif berpatroli keliling untuk pencegahan tindak kejahatan, mengingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan, dan petugas kebersihan agar selalu membersihkan penumpukan sampah.

Terkait dengan posko pengamanan, Pemkot Magelang beker jasama dengan Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/Magelang menyiapkan empat posko, yaitu di kawasan Shopping Center, Terminal Tidar, Simpang Trio, dan Gardena.

Selain itu, melakukan survei kondisi infrastruktur jalan Dinas PUPR Kota Magelang untuk menentukan kondisi mantap suatu jalan. Kondisi mantap ialah kondisi jalan yang layak untuk dilalui oleh kendaraan dengan volume yang besar.

"Secara umum kondisi jalan di Kota Magelang dalam kondisi mantap," kata dia.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengatakan kepolisian telah menyiapkan Operasi Lilin Candi 2023 dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta memberikan pengayoman/pelayanan kepada masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Ia menjelaskan perkiraan ancaman gangguan kamtibmas, yakni terorisme, kejahatan konvensional, kegiatan ibadah, arus mudik/wisata, dan bencana alam.

Beberapa lokasi rawan kriminalitas dan keramaian, meliputi Jalan Soekarno Hatta, TKL Ecopark, alun-alun, dan Terminal Tidar. Lokasi rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, antara lain Jalan Pemuda, Simpang Canguk, Simpang Trio, Jalan A Yani, Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan Soekarno Hatta.

Berbagai objek pengamanan Operasi Lilin Candi 2023, meliputi 41 gereja, Terminal Bus Tidar, pusat perbelanjaan, TKL Ecopark dan Kebun Raya Gunung Tidar, serta Alun-Alun Kota Magelang.
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024