Solo (ANTARA) - National Paralympic Committe (NPC) Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) 2023 yang diikuti perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia di Solo, Jawa Tengah.

Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun di Solo, Selasa, mengatakan Rakernas Musornaslub NPC Indonesia 2023 dimajukan waktunya karena permintaan para anggota NPC Indonesia yang beralasan waktunya bersamaan dengan Pemilu 2024 jika digelar pada Februari mendatang.

Menurut Senny Marbun, perwakilan NPC se-Indonesia telah siap datang ke Solo untuk mengikuti Rakernas Musornaslub yang dimajukan waktunya menjadi Desember 2023 ini.

Dia juga mengatakan bahwa perubahan waktu penyelenggaraan Rakernas Musornaslub NPC Indonesia itu juga tidak menyalahi AD/RT organisasi.

Senny mengatakan, dalam ajang itu akan dibahas soal prestasi NPC di kancah internasional dan apa saja yang akan disepakati bersama untuk dilakukan ke depan. Kegiatan besar NPC Indonesia pada 2024 diantaranya Peparnas dan Paralimpade 2024 Paris Prancis. NPC Indonesia sudah mendapat dua emas pada ajang Paralimpiade sebelumnya.

"Meski berat, NPC Indonesia harus bertanggung jawab bisa meraih dua medali emas dan tidak boleh hanya satu emas. Kami harus dapat dua emas minimal pada Paralimpiade 2024 dan bagaimana caranya minta tolong dari teman-teman daerah mengadakan seleksi serta mencari bibit-bibit yang bisa diandalkan kemudian hari," katanya.

NPC Indonesia memastikan akan ada regenerasi atlet yang bakal diturunkan ke depan. Dengan cara seleksi atlet di daerah dengan izin Kemenpora, untuk bisa diandalkan di tingkat internasional ke depan.

Sementara itu, Deputi IV Kemenpora Surono mengatakan, dengan adanya rencana Kementerian PUPR membangun sport center di Kabupaten Karanganyar, pembinaan NPC Indonesia yang sekarang ada di hotel akan bergeser ke sport center Karanganyar.

Cabang olahraga yang akan dipusatkan di sport center adalah yang mempunyai peluang meraih medali khususnya di Paralimpiade, Asean, dan Asian Para Games.

Jadi ada step-step bahwa cabang olahraga yang mempunyai peluang meraih medali pada Paralimnpiade adalah cabang olahraga yang selalu dipelatnaskan jangka panjang.

Baca juga: Menpora sambut Kontingen NPC Indonesia dari Hangzhou

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024