Semarang (ANTARA) - Mahasiswa Konsentrasi  Public Relations KPI FDK Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo yang tergabung dalam Walisongo Public  Relations Community (WPRC) merayakan ulang tahun pertamanya pada Kamis (7/11/2023).

Komunitas yang menjadi wadah belajar dan berkarya tentang public relations  dilaksanakan di Theater Gedung FSH UIN Walisongo. Acara puncak diisi dengan Gelar Karya Film Kampanye PR dan seminar dengan pemateri Muhammad Chanif Miftahudin yang merupakan Kabag Humas dan Media RSI Unissula dan Heni Indrayani,M.I.Kom. Dosen Public Relations Udinus. Acara diikuti oleh 72 peserta. 

Kegiatan ini juga merupakan luaran dari Mata Kuliah Komunikasi dan Kampanye Public Relations yang diampu oleh Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. dengan bersinergi dengan berbagai lembaga di UIN Walisongo seperti Walisongo Halal Center dan Kupi Corner. Beberapa kampanye tentang Isu di sekitar mahasiswa seperti kesehatan mental, isu lingkungan dan kesehatan serta isu pendidikan. 

Acara diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan KPI UIN Walisongo yaitu H.M. Alfandi, M.Ag  didampingi oleh Pembina WPRC Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. dan Ketua WPRC yaitu Farhan. 

Ketua Jurusan KPI FDK UIN Walisongo H.M.Alfandi menyampaikan apresiasinya terhadap WPRC, peminatnya konsentrasi PR meningkat. 

"Meskipun konsentrasi PR baru tahun kedua, namun peminatnya meningkat. Kita perlu membuat distingsi yg berbeda yg membedakan PR di UIN Walisongo dibanding lainnya," ungkapnya. 

Muhammad Farhan Siddiq  Ketua WPRC menyampaikan komitmen WPRC untuk berkontribusi seperti tagline-nya "WPRC, Membangun Relasi, Perkuat Reputasi". 

Heni Indrayani menyampaikan pentingnya perencanaan dan evaluasi dalam pelaksanaan Kampanye PR

"Tahapan Kampanye diawali dengan perencanaan, penentuan tujuan dan objective dengan SMART. Penyusunan  pesan dalam kampanye dan membuat key message yang tepat dan disesuaikan dengan segmennya," ungkapnya. 

Disampaikan pula pentingnya juga menggunakan PESO Strategi dalam menentukan media yang akan digunakan serta storytelling dalam kampanye PR.

Muhammad Chanif Miftahudin
 merupakan Kabag Humas dan Media  RSI Unissula menyampaikan pengalamannya selama menjadi humas. 

"Peran PR mulai dari  strategi media sosial seperti mengelola media sosial,  penelitian dan analisis serta handling complain. Selain itu Membangun relasi dengan komunikasi efektif,     networking, kolaborasi, dan kerja sama dan kejujuran serta konsistensi," ungkapnya. 

Dalam memperkuat reputasi, PR harus memiliki pemahaman dan kemampuan dalam  menjalin hubungan dengan  media, pemanfaatan media sosial, serta umpan balik dan evaluasi dan mempertahankan kualitas dan konsistensi. 

Kegiatan Ulang Tahun merupakan puncak rangkaian acara WPRC, sebelumnya diselenggarakan kegiatan seminar kesehatan, seminar dan tur kebudayaan, Seminar Kesetaraan Gender dan Seminar Walisongo Gerak Resik dan WeEsku. Puncak acara  diisi dengan Gelar Karya Film Kampanye Public Relations dilanjutkan dengan Seminar Public Relations.

Film pendek karya mahasiswa membahas tentang Kampanye PR yang sudah dilakukan dengan tema Kesehatan Mental yang berjudul "Kita Sama". Film pendek kolaborasi Walisongo  Halal Center dan Flixzone Ent yang berjudul " Halal Kah?". Selain itu ada film " Kemanusiaan" menyampaikan pesan moderasi beragama dan film " Yang Penting Suka Dulu" menyampaikan pesan mendaur literasi.***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024