Pemalang (ANTARA) - Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah, membekali para anggotanya dengan buku saku netralitas saat menjalankan tugas pada Pemilihan Umum 2024.

Kepala Kepolisian Resor Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya di Pemalang, Senin, mengatakan buku saku tersebut sebagai pedoman sikap netralitas anggota Polri dalam menjalankan tugas Pemilu 2024.

"Buku saku tersebut harus harus dibaca, dipahami dan dimengerti oleh seluruh personel sebagai upaya menghindari pelanggaran netralitas Polri, dalam pengamanan seluruh tahapan Pemilu 2024," katanya.

Ia mengatakan buku saku tersebut berisi 17 poin pedoman netralitas Polri di antaranya, terdapat informasi tentang tahapan pemilu. serta gaya berfoto yang diperbolehkan dan dilarang.

Kapolres menekankan pada anggotanya untuk tetap menjunjung tinggi netralitas Polri dalam mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024.

Polri, kata dia, berkomitmen menjaga netralitas agar tercipta Pemilu 2024 yang damai.

Kepada para anggota Polri diharapkan melaksanakan tugas dengan baik dan tetap menjaga marwah Polri sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat, serta penegak hukum.

Secara simbolis buku saku tersebut diserahterimakan oleh Wakil Kepala Polres Pemalang Kompol Gunawan kepada perwakilan personel di halaman di halaman Polres Pemalang, Senin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga JBT "percantik" SPBU 44.523.09 Pemalang

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024